Home / Maluku / BPIH Tahap Pertama Tutup Dengan Persentase 88,63 Persen. OLeh Gali Markalin

BPIH Tahap Pertama Tutup Dengan Persentase 88,63 Persen. OLeh Gali Markalin

AMBON,N25NEWS.COM – Berdasarkan hasil pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) musim haji tahun 1439 H/2018 Masehi untuk provinsi Maluku telah ditutup tertenggal 04 Mei 2018 sekitar pukul 17.00 WIT dengan persentase pelunasan BPIH mencapai 88,63 persen,

Kabid Penyelenggara Haji dan Umruh (PHU) Kanwil Kemenag Maluku H Yamin S.Ag dalam rillisnya ,menerangkan, dengan persentase 88,63 persen jumlah pelunasan BPIH yang tercat sudah melunasi sebabnyak 959 dari kuota haji Maluku sebanyak 1082 Calon Jemaah Haji (CJH) Maluku, tidak termasul Tim Pemadu Haji Daerah (TPHD) sebanyak delapan orang.

Dengan demikian masih tersisa kurang lebih 123 jemaah yang tercatat belum melunasi BPIH tahap pertama.

:”Jadi dari angka pelunasa BPIH tahap pertama, hanya satu kabupaten yang dinyatakan 100 persen lunas yakni Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD),”akui Yamin,

Terkait dengan belum adanya pelunasan 100 persen  tahap pertama kata Yamin, disinyalir disebabkan ada beberapa faktor diantaranya, sistim Istithaah kesehatan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan RI, kematian, penundaan keberangkatan CJH termasuk yang membatalkan keberangkatan dengan berbagai alasan.

Sementara untuk mengatasi jemaah yang belum melakukan pelunasan pihak Kemenag akan kembali membuka pelunasan tahap dua yang rencananya akan dimulai pada tanggal 16 hingga 25 Mei bulan berjalan tahun 2018 yang dibuka mulai pukul 10.00 WIT hingga selesai pukul 17.00 WIT.

“Khusus untuk persyaratan pelunasan tahap dua, bagi jemaah yang mengalami gagal sistim pada pelunasan tahap pertama, termasuk bagi CJH yang sudah berstatus haji untuk penggabungan mahram, bak pendamping CJH usia lanjut maupun mahram dengan status suami atau istri, serta bagi CJH yang berusia lanjut dan cadangan 5 persen dari Kuota haji Maluku, seperti yang diisyaratkan melalui keputusan Dirjen PHU Kemenag RI nomor 145 tahun 2018,”jelasnya.

Baca juga :   Musim Penghujan Masyarakat di Himbau Waspada

Dengan demikian dirinya berharap agar dalam menyongsong persiapan ibadah haji tahun ini, para CJH yang sudah melakukan pelunasan agar tetap menjaga kesehatan, baik itu fisik maupun mental terlebih khsusu bagi jemaah usia lansia yang memiliki riwayat kesehatan dengan catatan tertentu.

Disamping itu juga diminta agar para CJH dapat mempersiapkan kelengkapan haji sebelum memasuki proses pemberangkatan ke embarkasi Makasar yang dijadwalkan akan  mendatang dengan tiga kloter yakni, kloter 10,11 dan 12 .

“Sesuai hasil rapat penetapan kloter,bahwa Maluku tergabung dalam dalam kloter 10.11 dan 12, selanjuta dari embarkasi Makasar akan diberangkatkan ke Arab Saudi melalui bandara Madina pada tanggal 22, 23 dan 24 yan semuanya menggunakan penerbagangan Garuda Indonesia Airlines (GIA) dan baliknya pada tanggal 4 dan 5 September 2018 selanjutnya tiba kembali di Ambon pada tanggal 5 dan 6 bulan yang sama, ”jelasnya lagi.

Tiga Penerbangan Usul Layani Embarkasi

sementara itu terkait dengan pelayanan CJH menuju embarkasi Makasar, tercatat sudah terdapat tiga penerbangan yakni, GIA, Sriwijaya dan Batik Air yang sudah memasuki penawaran harga biaya embarkasi..

Yamin mengakui dari ketiga penerbangan yang memiliki SOP sisitim pelayanan sesuai standar yang digunakan secara nasional, pada penerbangan domestik baru hanya terdapat pada penerbangan Batik Air, namun dirinya belum bisa menetapkan penerbangan apa yang nantinya akan digunakan dalam melayani CJH ke embarkasi Makasar.

“Namun kita belum tahu yang mana akan kita pakai, semua tergantung dari sisi penawaran harga,”ungkapnya.

Ditambahkan untuk pengurusan pasport bagi CJH yang sudah terkafer dan sudah diterbitkan pihak Imigrasi sudah mencapai 95 persen dan sudah diverifkasi untuk persiapan pembuatan VISA yang diusulkan berdasarkan kloter.(SM-10)

About admin

Check Also

KSOP Tegaskan PELNI Tidak Jualan Tiket di Pelabuhan Oleh : Gali Markalin

AMBON,N25NEWS.COM – Menjelang arus mudik lebaran Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas I A …