BPNB Maluku dan Maluku Utara Gelar Gebyar Budaya 2019

AMBON,N25NEWS.com – Badan Pelestarian Nilai Budaya (BNPB) Maluku dan Maluku Utara  menggelar Gebyar Budaya 2019 bertempat di Lapangan merdeka Ambon selasa (26/11/2019).

Dalam Gebyar Budaya 2019 ini mengangkat potensi-potensi musik tradisional yang di bawah dalam bentuk karnaval ,festival musik dan pameran bersama berlansung selama 3 hari dari 26-28 November 2019.

Kepada N25NEWS.com Kepala Badan Pelestarian Nilai Budaya Maluku dan Maluku Utara Rusli Manorek menjelaslan kegiatan Gebyar Budaya untuk 2019 ini,melibatkan 33 sanggar dan paguyuban lokal dan Nusantara di Kota Ambon, bahkan kali ini berpartisipasi dari papua dan Sulawesi Utara.

Sementara itu untuk festival musik kata Rusli, melibatkan 20 grup,semetara untuk pameran bersama di ikuti oleh BPNB Yogja,BNPB Ternate,BPNB Maluku ,BPNB Padang,BPNB Papua dan Kantor Bahasa Maluku.

Lebih lanjut rusli menegaskan bahwa kegiatan-kegiatan BNPB yang di laksanakan ini pada prinsipnya adalah kegiatan rutin yang di laksanakan tiap tahun sehingga dapat memberikan nuasan kegembiraan untuk masyarakat kota Ambon dalam menikmati musik dan kebudayaan nusantara dalam bentuk karnaval budaya ,festival musik tradisional dan pameran bersama.
Tambahnya lagi, Kegiatan Gebyar Budaya Maluku merupakan dukungan dan menegaskan bahwa Kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia versi Unesco,selain itu sebagai ajang silaturahmi antar etnis di kota Ambon sebagai bahan perluasan informasi tentang keragaman dan potensi budaya di Kota Ambon.

“Gebyar Budaya ini kami selenggarakan untuk memberikan bentuk dan cara baru, bagi generasi muda dalam mempelajari alat musik tradisional Maluku dan Nusantara,”tuturnya.

Di kesempatan itu juga Rusli menyampaikan bahwa tema gebyar budaya tahun ini adalah Ambon Kota Musik Dunia,tema ini memiliki dasar argomentasi bahwa melibatkan music di kota ambon dalam merangkai sistim yang mampu,mewakili suasana batin bahkan gagasan orang Ambon dalam mengkreasikan diri,buat siapa saja yang datang di kota ambon.

Editor : Redaksi

Check Also

Bupati Maluku Tenggara Buka Lomba Goyang Meti Kei

MALRA,N25NEWS.com – ,Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun membuka kegiatan Lomba Goyang Meti Kei di …

×

N25NEWS.com