Breaking News

BPNB Tampilkan Kuliner dan Seni Budaya Melalui Lomba Tutur Cerita Rakyat

AMBON,N25NEWS.COM  Balai  Pelestarian Nilai  Budaya (BPNB)Provinsi Maluku dan Maluku Utara (Malut) menampilkan ciri khas kiliner dan Seni Budaya Maluku melalui pegelaran seni dan fesitival kuliner melalui lomba bertutur cerita rakyat tahun 2019.

Lomba bertutur cerita rakyat yang diikuti sejumlah siswa SD di Kota Ambon, berlangsung di aula BPNB Maluku dan Malut, Jumat(23/8/2019) dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Ambon J Manuputty.

Lomba dengan sorotan tema”Merawat Tradisi, Memajukan Kebudayaan Menuju Maluku yang Bermartabat” juga menampilkan berbagai tarian lokal dari komunitas sanggar seni, yang turut mengambil bagian mengisi jalannya pembukaan lomba bertutur cerita rakyat.

Bahkan nampak terlihat sejumlah pejabat yang hadir, mencicipi sajian kuliner khas Maluku dari 11 Kabupaten/Kota.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Ambon J Manuputty dalam arahan mengatakan, Maluku keanekaan budaya yang mulai dari kota hingga Kabupaten, memiliki potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi.

Dimana tradisi dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakata sejak dahulu, merupakan bagian dari akar budaya masyarakat Maluku yang perlu dipertahankan dan dilestarikan hingga kesemua generasi, sehingga keseluruhan ragam daerah budaya yang dimiliki merupakan karakteristik dari daerah.

Dengan demikian budaya tersebut jangan hanya dijadikan sebagai objek kunsumsi hiburan semata bagi masyarakat, tetapi harus menjadi icon budaya Maluku, nasional maupun internasional.

Maluku kata Manuputty, juga meiliki eneka ragam bentuk sastra lisan, baik dari pulau Seram sampai kepulauan Babar, memiliki bagai jenis carita rakyat yang mulai dari cerita legenda, mitos, dongeng, fabel dan hikayat.

Dimana kearifan dan pengetahuan lokal yang terkandung dalam cerita rakyat dapat dijadikan sebagai budaya daerah, sehingga dengan sendirinya generasi Maluku dapat lebih memahami dan mencintai budaya Maluku.

“Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, Ia belajar menemukan cinta dalam kehidupan,” ungkap Manuputty dalam kata bijaknya.

Terkait dengan lomba kata Kepala BPNB Maluku dan Maluku Rusli Monorek pada N25NEWS.COM mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program rutin tahunan BPNB yang disingkronkan dengan HUT Proklamasi dan Provinsi Maluku yang ke-74, sehingga perlu diisi dengan berbagai kegiatan.

“Kemarin juga sudah dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan dan hari ini (Jumat) juga ada tiga kegiatan antara lain, pegelaran seni bagi komunitas-komunitas budaya, festival kuliner yang menampilkan seluruh ciri khas makanan di Maluku dan lomba bertutur cerita rakyat sebanyak 20 SD di kota Ambon,”jelasnya.

Tujuannya untuk menamkan nilai budaya bagi generasi muda dengan harapan lebih mencintai budaya dan tanah air, sehingga dengan sendirinya dapat membangun krakter, dengan melestarikan budaya dengan ruang komunitas sanggar yang ada, termasuk lomba bertutur cerita rakyat.

“Dengan adanya ini, akan muncul sanggar-sangar untuk mengembangkan kebudayaan di Maluku,”harapnya.

Sama hal dengan penampilan sejumlah kuliner dari berbagai kabupaten/kota yang menyajikan masakan ciri khas daerah, sebagai nilai budaya yang juga perlu dilestarikan dan dikembangkan.
Bahkan melalui kegiatan tersebut juga merupakan cikal bakal menghadapi even pekan budaya nasional yang telah dicangkan lewat kongres kebudayaan tahun kemarin dan tahun merupakan tahun awal pekan budaya yang rencana akan berlangsung di Istora Senayan jakarta pada Oktober bulan depan tahun 2019.

“Bahkan semua kabupaten/kota sudah dihimbau, baik melalui baliho dan publikasi agar dapat berpartisipasi menampilkan kekayan budaya yang ada di seluruh nusantara,”bebernya.

Event tersebut merupakan program yang akan dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sehingga yang saat dilaksanakan BPNB merupakan bagian dari sosialisasi pekan kebudayaan nasional.

Editor : Tim

About admin

Check Also

Jean Metekohi Siswi SMP Negeri 6 Ambon Juara Nyanyi Solo Tingkat Provinsi Maluku

AMBON,N25NEWS.com -SMP Negeri 6 Ambon kembali menoreh prestasi demi prestasi tingkat Kota Ambon maupun tingkat …