BPOM Ambon Intensifkan Pengawasan Pangan Sekaligus Takjil Di Bulan Ramadhan

AMBON,N25NEWS.com-Memasuki hari keenam bulan suci Ramadhan 29/4/2020,BPOM Ambon terus menggalakkan Pengawasan Intensifikasi Pangan secara terpadu sekaligus pengawasan takjil. Kegiatan intensifikasi pengawasan pangan dilaksanakan secara bertahap mulai dari pengawasan sarana distributor, toko/supermarket, pasar dan kios,serta takjil.

Hal tersebut disampaikan Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon, Dra.Hariani, Apt kepada awak media di Ambon belum lama ini.

Sebelumnya,tanggal 27 April 2020,Balai POM sudah melakukan intensifikasi pengawasan pangan olahan disarana distribusi pangan yang ada di kota Ambon.Dan intensifikasi pengawasan pangan akan dilakukan selama bulan ramadhan dan yang menjadi fokus pengawasan adalah pangan olahan yang kadaluarsa, pangan rusak dan kemasan rusak.

Selain ke sarana distribusi dan retail pangan, juga dilakukan pengawasan terhadap takjil di kota Ambon mulai tadi sore di empat lokasi,depan Mesjid Alfatah, Batu Merah, Kebon Cengkeh dan Waiheru.

“Petugas kita akan melakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap pangan olahan terkait kemasan,izin edar ,kadaluarsa,penyimpanan dan hal-hal yang memungkinkan terkontaminasinya pangan tersebut atau terjadi kerusakan.Kami juga akan melakukan pengawasan jajanan buka puasa atau takjil.Pengawasan dilakukan dengan sampling dan diuji di laboratorium,”katanya.

Dijelaskannya lagi,dengan cara melakukan sampling dan akan diuji di laboratorium.Selain itu, pengujian dilakukan dengan tujuan mengidentifikasi dan memastikan takjil tersebut tidak mmengandung bahan berbahaya atau bebas dari bahan berbahaya serta pengujian mikrobiologi untuk takjil tertentu.

“Pengawasan di kabupaten/kota selain kota Ambon,kami akan bersinergis dengan stakeholder di kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan pengawasan yang sama.Untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan kemampuan uji khusus takjil maka dalam waktu dekat akan dilakukan Bimtek Online dengan peserta dari Dinas Kesehatan dan Dinas Perindag kab/kota,”tandasnya.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

Cegah Covid-19,Hariani Ajak Tingkatkan Budaya Kebersihan Mencuci Tangan

Budaya cuci tangan dan jaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun hingga hand sanitizer harus …