Breaking News

Bpom Ambon Lakukan Pengawasan Pangan Takjil Di Pasar Namlea

NAMLEA,N25NEWS COM – Balai POM di Ambon aktif melakukan Pengawasan Pangan Takjil di Kabupaten dan Kepulauan, termasuk di Pasar Namlea Kepulauan Buru, Rabu 15 Mei 2019.
Balai POM di Ambon melakukan sampling secara acak sebanyak 20 sampel, seperti es buah, bolu kukus, tar labu, es sirup, bakwan dan es pisang ijo. Selanjutnya pangan takjil yang disampling diuji menggunakan rapid test (pengujian cepat) terhadap bahan berbahaya yaitu pewarna tekstil Rhodamin B, Methanil Yellow, Boraks dan Formalin.

Dari 20 sampel takjil yang diuji menggunakan rapid testditemukan adanya 1 sampel es pisang ijo yang diduga positif mengandung Rhodamin B yang merupakan pewarna tekstil yang dilarang penggunaannya pada makanan. Temuan tersebut langsung ditindaklanjuti dengan melakukan penelusuran perolehan dan pembinaan ditempat kepada penjual es pisang ijo tersebut bahwa pewarna tekstil Rhodamin B tidak dapat digunakan sebagai pewarna makanan karena akan berakibat yang buruk bagi kesehatan. Untuk bahan berbahaya Methanil Yellow pada sampel pangan takjil tersebut menunjukkan tidak ditemukan adanya indikasi bahan berbahaya Methanil Yellow.

Selanjutnya sampel sirup pangan takjil (es pisang ijo) yang diduga positif mengandung rhodamin B, dibawa ke Laboratorium Balai POM di Ambon untuk dilakukan uji penegasan apakah pewarna Rhodamin B tersebut positif terkandung di Pangan Takjil Es Pisang Ijo tersebut.

Kegiatan Pengawasan Pangan Takjil ini akan terus dilakukan oleh Balai POM di Ambon, agar dapat menjamin keamanan dan mutu pangan takjil yang dijual selama Bulan Suci Ramadhan, sehingga masyarakat aman untuk mengkonsumsi pangan takjil tersebut.

Sumber : BPOM Ambon

About admin

Check Also

BPOM Ambon Gelar Ujian Kompetensi Bagi Pegawai Negeri Sipilnya

AMBON,N25NEWS.COM – Yang sedikit berbeda di Balai POM Ambon dalam dua hari kemarin. Pekerjaan rutinitas …