BPOM Ambon Ajak Masyarakat, Pedagang Pasar dan anak sekolah di Manipa Sadar Obat dan Pangan Aman

AMBON,N25NEWS.COM – Dari 30 April 2019 sampai tanggal 02 Mei 2019 BPOM melakukan sosialisasi obat dan makanan, mobling dan inspeksi di sejumlah kios / toko di Pulau Manipa Kabupaten Seram Bagian Barat.

Manipa merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Barat yang memiliki 7 desa/negeri yang terdiri dari 11 dusun dan beberapa sekolah dari SD/MI, SMP/Mts dan SMA/SMK.Daerah yang cukup memberikan tantangan tersediri karena dimusim tertentu semisal musim ombak maka daerah ini susah dijangkau mengingat transportasi utama adalah lewat laut dengan menggunakan spit kecil sampai spit besar 4PK.

Tantangan alam wilayah Maluku memang berbeda dengan daerah lain di Indonesia namun tidak menyurutkan petugas Balai POM dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Pada tanggal 30 April 2019 dengan menggunakan spit maka petugas menyambangi pulau ini dan langsung melakukan koordinasi dengan peemerintah negeri desa Tumalehu Barat untuk melakukan soailasasi kepada masyarakat desa setempat sekaligus inspeksi ke usaha IRTP usaha sagu tumbuk,tepung sagu dan sagu lempeng. Dengan penuh suka cita sambutan pemerintah negeri beserta masyarakatnya yang memang ingin agar usaha obat dan makanan didaerahmya maju.

Acara selanjutnya pada tanggal 1 Mei 2019 dilakukan mobling pangan segar dan olahan di pasar Manipa dilanjutkan sosialisasi kepada pedagang pasar setempat dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 11.00.

Setelah itu dilanjutkan inspeksi kesarana IRTP pembuatan dodol pala, sirup pala dan VCO yang telah dikembangkan dengan cara sederhana di negeri Tumalehu Barat hingga pukul 14.00.
Inspeksi dilanjutkan pada pukul 15.00 hingga pukul 18.30 kesejumlah pondok dan kios dibuat beberapa tim.

Pada tanggal 2 Mei 2019 petugas melakukan kegiatan KIE kesekolah di desa Tumalehu Barat dengan peserta dari SD,SMP dan SMA dari pukul 07.30 hingga pukul 11.00.
Anak – anak sangat antusias dan aktif dalam menerima paparan materi petugas Balai terkait bahaya obat ilegal dan keamanan Pangam Jajanan Sekolah.
Acara dilanjutkan inspeksi kesarana kesehatan dan sarana diatribusi selain didesa Tumalehu Barat juga ke 6 desa didekatnya seperti Buano, Tuniwara, Kelang, Tumalehu timur sampai pukul 18.00.

Semangat petugas untuk mengajak semua menjadi konsumen cerdas selalu dilakukan petugas Balai POM. Ajakan peduli obat dan pangan aman dengan cek KLIK selalu dilakukan petugas agar masyarakat bebas dari bahaya obat dan makanan yang memgandubg bahan berbahaya.

Harapan terbaik selalu dilakukan agar Pulau Manipa dan Maluku aman dari bahan berbahaya, ayo kita semua peduli mulai dari diri sendiri keluarga dan masyarakat.

Editor : Redaksi

@BPOMRI
@BPOMAmboina
@KonsumencerdascekKL

About admin

Check Also

Dinkes Gandeng BPOM Ambon Gelar Monitoring dan Evaluasi Apotek

AMBON,N25NEWS.COM- Dinas Kesehatan Kota Ambon Gandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon menggelar monitoring …

×

N25NEWS.com