Home / Kota Ambon / BSML Regional IV Gelar Seminar Sehari Di Kota Ambon

BSML Regional IV Gelar Seminar Sehari Di Kota Ambon

AMBON,N25NEWS.COM – Pertama kalinya diluar Kota Makasar, Pulau Sulawesi, Kota Ambon kini jadi tuan rumah di gelarnya Seminar sehari Harmonisasi dan Sinkronisasi Penyelenggaraan Metrologi Legal Tahun 2018 Daerah Regional IV.

Melalui usungan tema “Optimalisasi Pelayanan Kemetrologian Yang Transparan dan Akuntabel,” oleh Kementerian Perdagangan RI, lewat Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, diharapkan mampu mengatasi  tantangan yang dihadapi dalam menciptakan kemakmuran rakyat yang berkeadilan.

“Dalam rangka menjaga ketertelusuran standar pengukuran di wilayah Intim Indonesia yang meliputi Kep. Sulawesi, Maluku dan Papua,  BSML regional IV kemudian melayani kalibrasi alat ukur dan standar,” ucap Direktur Metrologi, Rusmin Amin saat membuka Kegiatan Seminar Sehari pada Kamis, (05/03) bertempat pada Ballroom and Convention Hall The Natsepa Hotel, Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku.

Menurut Rusmin, Perlindungan terhadap konsumen atas jaminan kebenaran hasil pengukuran serta ketertiban dan kepastian hukum dalam penggunaan satuan ukur, standart satuan, metoda pengukuran dan alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapan (UTTP) sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 2 tahun 1981 tentang Metrologi Legal.

Untuk itu Rusmin berharap, sinergitas antara insan metrologi di daerah dapat bekerja dengan lebih maksimal lagi.

Ditempat yang sama, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan dirinya sementara mengupayakan  percepatan Ambon sebagai kota tertib ukur.

“Indikator yang kemudian paling menonjol ialah hebatnya teknologi mempengaruhi daya dan life style kita. Tentunya persaingan ini harus di sertai dengan sumber daya manusia pada kemajuan perdagangan terkhusus pada sektor metrologi. Oleh karena itu, tentunya akan berdampak besar bagi wilayah timur guna meningkatkan SDM kita,” Tandas Walkot.

“Untuk itu, diharapkan melalui proses seperti  ini,  baiknya kita Positif saja dan maksimalkan percepatan kita menuju perkembangan salah satunya menjadi Kota Tertib Ukur,” tutupnya.

Baca juga :   Kodim 1504/Ambon Gelar Latposko I

Selain itu, BSML juga melayani fasilitasi tera/tera ulang berdasarkan pemintaan daerah.
(Amy Latuny)

About admin

Check Also

Setahun, Ini Prestasi Yang Diraih Richard-Syarif Oleh : Amy Latuny

“Melalui capaian selama setahun kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Richard Louhenapessy -Syarif Hadler setidaknya …