Breaking News

Buka Pameran Sejarah Perjuangan Bangsa,Gubernur Pesan, Museum Siwalima Ambon Komunikasikan Peninggalam Leluhur Pada Generasi Muda

AMBON,N25NEWS.COM-Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan,Museum Siwalima merupakan satu-satunya museum yang ada di Provimsi Maluku,sehingga memiliki tugas mengkomunikasikan koleksi peningggalan leluhur kepada generasi penerus Maluku.

Hal ini di sampaikannya dalam sambutan Pembukaan Pameran Sejarah Perjuangan Bangsa yang di bacakan Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Setda Maluku,Hendry Far-Far yang berlangsung di Museum Siwalima Air Salobar Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon,senin (26/8/2019).

Pameran mengambil tema “Sejarah Perjuangan Bangsa” ini yang dilaksanakan  berkaitan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Maluku yang ke-74 menurut Gubernur, merupakan salah satu media untuk menampakan nilai-nilai perjuangan dari sejarah bangsa di masa lalu kepada generasi muda sehingga mereka memiliki kesadaran untuk mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan yang berkualitas sehingga mereka tidak akan kehilangan daya juang diera milenial ini.

“Dengan pameran ini juga kita diingatkan kembali perjalanan sejarah bangsa yang bagaimana hebatnya perjuangan para pejuang untuk merebut kemerdekaan,walaupun berbagai rintangan dan halangan datang silih berganti tetapi dapat dilalui oleh rakyat,sehingga titik puncaknya bangsa kita akhirnya memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945,”kata Gubernur mengingatkan.

Lanjut Gubernur,dalam perjalanan sejarah perjuangan bangsa Indonesia,Maluku mempunyai peran yang penting dalam proses kemerdekaan Indonesia banyak pejuang yang dilakukan oleh rakyat Maluku,seperti Thomas Matulessy (Kapitan Pattimura),Christina Martha Tijahahu,J.Laimena yang turut berjuang untuk melepaskan ikatan penjajahan.

“Kita juga mengenal salah satu tokoh dari Maluku yang ikut mempersiapkan proklamasi kemerdekaan dan turut hadir pada saat perumusan naskah proklamasi adalah Mr.J.Latuharhary,yang mana ketika kemerdekaan Indonesia,beliaulah yang pertama kali diamgkat sebagai Gubernur Maluku yang pertama,”jelasnya.

Untuk itu kata Gubernur,Masyarakat Maluku patut berbangga sebab dapat melihat perjalanan sejarah bangsa Indonesia dan bisa melihat sosok atau pejuang-pejuang bangsa,yang mana telah memberikan kontribusinya kepada bangsa ini tanpa pamrih.

Sementara itu,untuk diketahui dalam kegiatan pameran ini,juga dilaksanakan lomba pidato perjuangan bagi para peserta didik di tingkat SMA,SMK dan MA,agar lahir generasi-generasi muda yang bukan saja memahami sejarah bangsa,tetapi dapat berjuang untuk mengisi kemerdekaan dan juga lomba permainan tradisional tarompa untuk anak SD/Mts,sehingga terlahir generasi emas.

“Untuk itu saya menyampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai induk dari UPTD Museum Siwalima yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,sehingga para pelajar dan mahasiswa di Maluku tidak kehilangan jati dirinya dan dapat berlatih dari suri teladan para pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan bangsa kita,”tandas Gubernur Maluku Murad Ismail.

Reporter     : Aris Wuarbanaran

Editor        : Redaksi

 

 

 

 

.

 

 

 

 

About admin

Check Also

Jean Metekohi Siswi SMP Negeri 6 Ambon Juara Nyanyi Solo Tingkat Provinsi Maluku

AMBON,N25NEWS.com -SMP Negeri 6 Ambon kembali menoreh prestasi demi prestasi tingkat Kota Ambon maupun tingkat …