BUMN Kembali Salurkan Bantuan Sosial Korban Gempa

AMBON,N25NEWS.com – Setelah sebelumnya program sinergi “BUMN Hadir Untuk Negeri” menyalurkan bantuan kemanusiaan, program serupa kembali dilakukan BUMN berupa bantuan sosial korban gempa bumi yang melanda tiga kabupaten/kota di Maluku.

Penyaluran bantuan yang dipusatkan ditiga titik lokasi yakni, desa Tulehu, Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah (Kalteng) dan dusun Waitasi Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Sabtu(9/11), selain BUMN juga peran serta bantuan dari yayasan Insan Cerdas Sejahtera.

Dari desa Tulehu setelah menyalurkan bantuan obat-obatan dan penyiapan alas tenda senilai 149 juta untuk 14 tenda pelayanan kesehatan di bawa koordinir RS lapangan dr Ishaka Umarella di Kampus Unidar Tulehu, rombongan BUMN yang dipimpin Deputi Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra Sammal serta didampingi Direktur Maluku Energi M Latuconsina dan Yuliana dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk selaku koordinator bantuan BUMN Ambon, langsung menuju desa Liang untuk melihat secara dekat bantuan satu unit bangunan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Alhidayah darurat dan alat tulis termasuk satu unit SD Negeri 1 Tial.

Dengan menumpangi KMP Ferry rombongan langsung bertolak menuju dusun Waitasi Kecamatan Kairatu Kabupaten SBB, untuk menyerahkan bantuan berupa, pompa air, alat tulis, 10 tarpal, tanki hidrant, 250 paket sembako, ditambah 100 Kg gula pasir dan 10 kotak teh. termasuk pembangunan MCK sementara dan rumah ibadah di 10 titik lokasi berbeda.

Usai menyerahkan bantuan Hambra kepada N25NEWS.com mengatakan, kedatangan dirinya di Ambon merupakan yang ketiga kalinya untuk mengevaluasi posko BUMN yang dibuka di Ambon sejak tanggal 29 September bulan kemarin sekaligus menyerahkan bantuan dari BUMN.

Baca juga :   Kampung Pisang Kembali Banjir Rob,Warga Keluhkan Tidak Adanya Solusi Dari Pihak Desa Poka

“Dari hasil informasi, meskipun masih ada terdapat gempa susulan, namun sebagian masyarakat sudah kembali pulang ke rumah masing-masing, untuk itu kita akan melihat kembali posko yang ada, untuk hari ini posko BUMN masih ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan dan jika sudah selesai, anggarannya masih ada kita akan coba alokasikan pada saat recovery nanti,”tandasnya.

Kegiatan BUMN yang sampai ini masih dilakukan PT WIKA sebagai koordinator BUMN di Ambon berupa pembangunan sekolah, rumah ibadah dan MCK yang semuanya bersifat darurat yang berada pada titik lokasi di Kabupaten SBB, Malteng dan Kota Ambon.

“Kehadiran kami juga, kami ikut serta yayasan Insan Sejahtera yang kami bentuk di Jakarta dan selama ini telah banyak memberikan bantuan di Maluku, namun tidak pernah menampakan dirinya dan baru muncul setelah memberikan bantuan bagi korban gempa Ambon yang bantuannya lewat donator yang ada di Jakarta,”jelasnya.

Menurutnya, seharusnya BUMN harus mengikuti Pemda Maluku yang sudah mencabut batas tanggap darurat, bukan serta merta bantuan BUMN hanya berhenti sampai disitu tapi BUMN akan melihat program recovery apa yang disiapkan Pemda, sehingga apa yang menjadi priotitas BUMN untuk membantu program tersebut.

Menindaklanjuti hal tersebut sambung Hambra telah meminta pihak PT WIKA selaku koordinator posko BUMN untuk bisa melihat langsung kebutuhan-kebutuhan yang bisa dibantu BUMN lewat program recovery Pemda Maluku, sehingga tidak terjadi tumpah-tindih antara BUMN dengan Pemda.

Editor : Redaksi

Check Also

Audiensi Danrem 151/Binaiya Bersama BMKG Maluku, HMI, GAMKI dan KNPI Ambon

Ambon,N25NEWS.com -Komandan Korem 151/Binaiya Brigjen Arnold A.P. Ritiauw, didampingi Kasrem 151/Binaiya Kolonel Inf Prabowo Setiaji …