Bupati Bersama Tim Penggerak PKK Kab. MALRA Mengunjungi Makam Nen Dit Sakmas

MALRA,N25NEWS.COM –  Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Maluku Tenggara, Ibu Eva E. Hanubun dan Tim Pengurus PKK Kab. Malra mengunjungi Lokasi dan Makam Nen Dit Sakmas di Ohoi Wain, Kec. Kecil Timur, Senin(24/6/2019).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Konsultan Pariwisata dari Jakarta, perwakilan Dinas Pariwisata, perwakilan Bappeda Kab. Malra dan Tokoh Adat dari Wain.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menjelaskan bahwa Pahlawan Perempuan Kei (Nen Dit Sakmas) yang melahirkan Hukum Hawear Balwirin (tanda larangan menjaga dirinya) yang selanjutnya menjadi tanda larangan untuk menjaga hak milik seseorang.

Bupati berharap kepada Tim Penggerak PKK agar rutin mengunjungi Makam Nen Dit Sakmas sebagai Pahlawan Perempuan Kei. Hal ini dilakukan agar menyadarkan kaum Pria untuk selalu menghormati, menghargai harkat dan martabat Perempuan Kei.

Baca juga :   BKKBN Maluku Gelar Pelayanan KB Mobile Di Desa Danar Kabupaten Malra

“Perhatian dan dukungan terhadap tempat-tempat sakral baik religi misalnya Lokasi Yohanis Aerts maupun adat seperti Lokasi Makam Nen Dit Sakmas inipula dapat meningkatkan sektor pariwisata di Malra,” ujar Bupati.

Sedangkan tiga tokoh adat ditugaskan oleh Pemda untuk menjaga dan merawat Lokasi Nen Dit Sakmas.

“Tamu yang datang melakukan kunjungan wajib melapor dan harus angkat sirih pinang,” ujar Valentinus Esomar.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan tarian adat oleh Ibu-Ibu Tim Penggerak PKK dan kunjungan ke Makam Nen Dit Sakmas.

Sumber : Humas Pemkab Malra

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Pansus Tatib DPRD Malra Telah Di Bentuk

MALRA,N25NEWS.com – Melalui Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Pembentukan Pansus Tata Tertib ( TATIB …

×

N25NEWS.com