Bupati Buka Carnaval Budaya Kei

MALRA, N25NEWS.com – Bupati Maluku Tenggara Drs.M.Taher.Hanubun membuka acara Carnaval Budaya Kei di Jalan Sukarno Hatta Langgur selasa,(22/10/2019)

Carnaval Budaya Kei ini yang merupakan rangkaian acara Festival Pesona Meti Kei ke-3.menampilkan busana daerah dan tari – tarian khas masyarakat Kepulauan Kei.

Hal ini membuat  Busana pakaian khas daerah Kepulauan Kei  mulai membanjiri pusat Ibu Kota Langgur

Acara pembukaan yang di gelar di depan Gedung Larwul Ngabal ini,Bupati Maluku Tenggara dalam sambutannya menyampaikan dalam kegiatan agenda tahunan Fetival Pesona Meti Kei untuk tahun ini acaranya dilakukan secara sederhana,katanya bukan tidak mempedulikan agenda tahunan ini namun dirinya berjanji tahun depan akan dilakukan secara spektakuler untuk mengangkat potensi budaya dan kearifan lokal serta objek wisata sebagai subjek dari kegiatan ini.

Dalam kegiatan pembukaan tersebut kata Hanubun,selain acara Carnaval Budaya Literasi Kei/Evav  di perkenalkan juga pakaian adat daerah lain seperti Bali,NTT, Jawa,Batak, Sunda, Ambon,Bugis dan Makasar hal ini yang terlihat pada Kepala OPD, Kepala BRI Cabang Tual, Danlanud, Dandim yang mengunakan pakaian adat daerahnya masing-masing.

Lanjut Hanubun,keterlibatan daerah lain ini merupakan salah satu kekayaan budaya indonesia yang wajib dilestarikan  di Kepulauan Kei sebagai kebersamaan hidup orang basudara.

“Hal ini merupakan penghormatan pakaian adat kita masing – masing sebagai simbol jati diri,”ujar Hanubun.

Diapun berharap Kedepan bila ada agenda penting yang akan diselenggarakan peserta kegiatan wajib menggunakan pakian adat daerahnya masing – masing untuk memperkaya keindahan dan keunikan adat dan budaya indonesia di bumi Larwul Ngabal Kei.

Harapannya juga dalam mempromosikan adat dan budaya kei, Dinas Parawisata, Dinas pendidikan dan Kebudayaan serta Badan Penyelanggara Parawisata harus mempromosikan Kei untuk semua suku dan Kei untuk indonesia dan mengajak semua pihak untuk bekerjasama agar kegiatan kedepan lebih baik lagi.

Reporter : Pae Rahakbauw

Editor : Redaksi

Check Also

Gubernur Maluku Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila Tahun 2019

AMBON,N25NEWS.com-Gubernur Maluku Irjen Pol Drs.Murad Ismail memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 di …

×

N25NEWS.com