Breaking News

Bupati MALRA Jadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Lahirnya Pancasila 

MALRA,N25NEWS.COM – Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun selaku Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila di Kabupaten Maluku Tenggara, bertempat di Lapangan Upacara Kodim 1503 Maluku Tenggara, Sabtu, 1/6/2019.

Hadir pada Upacara tersebut, Wakil Bupati Maluku Tenggara (Ir. P. Beruatwarin, M.Si), Pj. Sekretaris Daerah (Drs. M. Teslatu, M.Si), Forkopimda Malra, Para Pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan OPD dan Organisasi Kepemudaan hadir sebagai undangan.

Sedangkan para peserta Upacara terdiri dari barisan Siswa/Siswi SD, SMP, SMA, Mahasiswa AKPER, Para ASN, POLRI, TNI AD, Satpol Pamong Praja.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Malra membacakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI yang diwakili oleh Plt. Kepala BPIP, Bp. Hariyono menyampaikan bahwa, Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan untuk bangsa kita. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Lanjut Beliau, sesuai pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan, pertama, kita berusaha mengenang dan mereflesikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar Negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai suatu bangsa. Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang pernah Bung Karno pernah disebut “Jas Merah”. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi ideologi itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride).

Baca juga :   Pastikan Lima Bahan Pokok Aman Di Konsumsi,Disperindag Malra Lakukan Pengawasan Rutin

Kedua, dengan merayakan hari lahirnya Pancasila, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “leitstars dinamis” bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan khususnya dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia.

Dalam sambutan Ketua BPIP RI, selanjutnya ditegaskan : Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus semua terus-menerus secara konsisten merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Selanjutnya, diakhir Upacara, para peserta menyanyikan lagu “Garuda Pancasila” dan dilanjutkan dengan berfoto bersama Bupati, Forkopimda serta undangan lainnya.

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Bupati Lantik Bernadus Rettob Sebagai Penjabat Sekda Kabupaten  Malra

MALRA,N25NEWS.com – Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun, Melantik Penjabat Sekretaris Daerah Maluku Tenggara Tahun …