Breaking News

Bupati, Wakil Bupati dan Pj. Sekda Malra Hadiri Festival Pangan Lokal B2SA Kab. Maluku Tenggara Tahun 2019

MALRA,N25NEWS.COM – Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun, Wakil Bupati, Ir. P. Beruatwarin, M.Si dan Pj. Sekda, Drs. M. Teslatu, M.Si, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Maluku Tenggara, Ibu Eva E. Hanubun, menghadiri Kegiatan Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tahun 2019, yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Anugerah Ohoijang, Senin, 24/6/2019.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Forkopimda, Tokoh Agama, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Ketua dan anggota Tim Penggerak PKK Kab. Malra serta Pimpinan OPD Kab. Malra.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menjelaskan bahwa pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan SDM yang berkualitas. Berbagai kajian ilmiah menunjukan bahwa untuk dapat hidup sehat dan produktif, manusia memerlukan sekitar 45 jenis zat gizi yang harus diperoleh dari makanan yang dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Oleh karenanya, pola konsumsi makanan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang.

Bupati Malra lebih lanjut mengatakan, melalui berbagai program, Dinas Ketahanan Pangan secara terus menerus berupaya mendorong konsumsi pangan masyarakat ke arah Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman antara lain : 1. Penyediaan pangan yang beragam ditingkat rumah tangga dengan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL);
2. Penerapan konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman berbahan baku lokal yang bernilai ekonomis;
3. Promosi dan sosialisasi konsumsi pangan B2SA.
4. Penanganan keamanan dan mutu pangan melalui Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT).

“Untuk itu, Saya sangat mendukung kegiatan Festival Pangan Lokal B2SA yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan kerja sama baik dengan Ketua & Anggota Tim Penggerak PKK Kab. Malra,” ujar Bupati.

Bupati Malra juga mengatakan bahwa Kegiatan Festival Pangan Lokal B2SA ini dirancang untuk dapat membekali peserta dengan pemahaman dan kemampuan melalui penyampaian teori dan praktek penerapan konsumsi pangan B2SA.

Bupati juga berharap agar para peserta dapat memanfaatkan Kegiatan Festival ini dengan sebaik-baiknya sebagai sarana memperluas wawasan berlatih dan belajar terlebih khusus kepada ibu-ibu untuk tetap memacu semangat.

“Jangan kita bangga dengan apa yang orang lain miliki, tetapi kita harus bangga dengan apa yang kita miliki,” ujar Bupati.

Bupati berpesan, ” tetap kembangkan ciri khas kita dengan menunjukan makanan hasil daerah yang dapat diolah seperti Festival Kuliner dll.”

Kegiatan diakhiri dengan pengumuman pemenang Lomba Festival tersebut diantaranya,
I. Kategori Lunchbox B2SA :
– Juara I : yaitu peserta dari Kecamatan Kei Besar Selatan;
– Juara II : Kecamatan Manyeuw;
– Juara III : Kecamatan Kei Besar Utara Timur;
– Juara Harapan I : Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan;
– Juara Harapan II : Kecamatan Kei Kecil;
– Juara Harapan III : Kec. Kei Kecil Barat

II. Kategori Produk Olahan Pangan Lokal Komersial yaitu :
– Juara I : Kecamatan Manyeuw
– Juara II : Kecamatan Kei Besar Selatan
– Juara III : Kecamatan Kei Besar.

Acara kemudian diakhiri dengan foto bersama Bupati, Wakil Bupati, Pj. Sekda dan Forkopimda bersama Tim Penggerak PKK dan Para Pemenang serta kunjungan dan melihat langsung sajian kuliner para pemenang lomba Festival Pangan Lokal B2SA Tahun 2019 Kab. Maluku Tenggara.

Sumber :Humas Pemkab Malra

About admin

Check Also

Bupati dan Wabup Maluku Tenggara Serahkan Hewan Kurban Kepada Para Kepala Ohoi

MALRA,N25NEWS.COM – Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun dan Wakil Bupati, Ir. P. Beruatwarin, M.Si …