Home / Ekonomi / Cabai Rawit Jadi Pemicu Inflasi Di Kota Ambon

Cabai Rawit Jadi Pemicu Inflasi Di Kota Ambon

AMBON,N25NEWS.COM – Komoditas cabai rawit mendorong terjadinya inflasi di Kota Ambon. perubahan harga cabai rawit ini baru diketahui berdasarkan hasil Badan Pusat Statistik beberapa waktu lalu.

Hingga kini Komoditi cabai rawit pun menjadi pemicu inflasi tertinggi.

Diakui oleh Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Ambon, Pieter Leuwol saat di konfirmasi oleh N25NEWS.COM pada, Kamis (05/04) di Ruang Kerjanya.

Menurutnya, Inflasi yang kemudian berpengaruh pada Komoditi cabai rawit di kota Ambon disebabkan karena pasokan cabai yang didapatkan dari Maluku Tengah dan Desa Kairatu, Seram Bagian Barat yang seharusnya dipasok ke pasar tradisional di kota Ambon itu telah terjualkan banyak di Papua.

“Sehingga, kita ketahui harga Cabai di pasaran yang seharusnya per Kg hanya Rp 24.000 kini melonjak hingga Rp 35.000/kg,” pungkasnya.

Untuk mengatasi jangan sampai melonjak lagi tingkat inflasi pada Komoditi tersebut, pihaknya kemudian bersinergi dengan Dinas Pertanian Kota Ambon, untuk melihat persoalan tersebut.

“Ini akibat dari rantai pemasaran yang semakin panjang. memang kedapatan seperti itu. kalau di sentra produksi itu memang buka ketika dalam perjalanan sentralisasi ke pedagang itu artinya sudah cukup tinggi. Oleh karena transaksi nya berpindah dari tangan ke tangan,” ungkapnya.

Langkah yang kemudian bakal di ambil oleh Indag tak lain ialah memutuskan mata rantai tersebut.

“Setelah kita bincangkan masalah ini dengan Dinas Pertanian, maka kita pula mengharapkan agar mata rantai pemicu inflasi cabai rawit terlepas dan apabila masyarakat membutuhkannnya boleh langsung melalui petaninya. Hal ini kemudian dapat membantu kondisi keuangan masyarakat di Ambon pula,” tutupnya. (Amy Latuny)

About admin

Check Also

30 Peserta Ikut Ajang Lomba Masak Ikan Nusantara

AMBON,N25NEWS.COM – Lomba Masak Ikan Nusantara dalam rangka Menuju Istana yang diselenggarakan Dinas Perikanan dan …