Breaking News

Caleg DPR-RI Fernando Situmeang,Fokus Kembangkan Perikanan,Pertanian dan Pendidikan

PIRU,N25NEWS.COM – Ada  tiga sektor yang yang menjadi perhatian Calon Legislatif Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Jerry Fernando Situmeang untuk membenahi Provinsi Maluku, yakni Perikanan, Pertanian dan Pendidikan tetapi yang menjadi fokus utama adalah sektor Perikanan, pasalnya menurut Situmeang Maluku punya kekayaan laut yang berlimpah hanya hasil eksplotasinya masih minum.

Karena itu, Situmeang yang ditemui di Piru, Jumat, (22/2) menyatakan bahwa, Desa-Desa nelayan di Maluku butuh dikembangkan sehingga penangkapan ikan bisa terarah yang dapat berimbas pada peningkatan kehidupan ekonomi nelayan.

Sementara untuk sektor Pertanian, yang mesti menjadi i perhatian adalah, rata-rata kebutuhan orang Maluku bergantung pada pasokan pangan dari luar Maluku terutama barang untuk konsumsi sehari-hari.

“Padahal masih banyak lahan kosong yang belum dimanfaatkan, sehingga perlu banyak pelatihan dan informasi bagi para petani, bukan hanya untuk mengembangkan tanaman pangan saja, tetapi juga harus menghasilkan komoditi yang dapat mendongkrak pendapatan Negara lewat ekspor” jelas Situmeang.

Untuk sektor Pendidikan, Menurut Caleg DPR-RI ini, kegagalan Pemuda Maluku untuk menjadi pegawai Negeri karena tidak dapat meraih passing grade adalah akibat dari rendahnya kualitas pendidikan di Maluku.

Kegagalan Pemuda Maluku saat melamar di di Perusahaan Swasta, juga menjadi keprihatinan Situmeang, karena itu sesungguhnya kualitas utama dari Anak Maluku adalah mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga menghasilkan income untuk mendongkrak Pendapatan yang, “bukan malah sibuk mencari gelar sarjana, intinya apapun potensi yang dimilikinya, harus dikembangkan itu yang paling penting ” imbuhnya.

Baca juga :   Tiga Srikandi Maluku Siap Menuju Kursi DPD RI

Pria yang sebelumnya menjabat Pimpinan Cabang sebuah Bank Di Ambon ini menuturkan, impiannya adalah membangun sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berkualitas tinggi di Maluku, sehingga anak-anak Maluku bisa mendapat pendidikan dengan kompetensi yang berstandar tinggi agar dapat bersaing dengan siswa-siswi lainnya di Tanah Air.

“Supaya anak Maluku tidak lagi dicap anak pinggiran, karena memiliki standar kompetensi yang tinggi jika dibandingkan anak-anak lainnya di Indonesia,”rincinya.

Disingung mengenai bantuan alat tangkap bagi Nelayan Maluku, Situmeang menandaskan, sebenarnya pemerintah pusat sudah menyerahkan banyak bantuan alat tangkap bagi Desa Nelayan, tetapi kurangnya bimbingan untuk para Nelayan Agar Mereka dapat menangkap ikan yang lebih banyak menjadi kenalannya.

Terkait Lumbung Ikan Nasional, Situmeang mengungkapkan kelemahan pendataan secara akurat untuk Program tersebut jadi hambatan utama,
“Hingga saat ini Kita belum tahu Berapa banyak Desa Nelayan dan berapa banyak Nelayan dan bagaimana cara penangkapan ikan yang dilakukan para nelayan tersebut,”cetusnya.

Reporter :Nicko Kastanja

Editor   : Redaksi

 

About admin

Check Also

Dugaan Pengelembungan Suara, PPK &Panwascam Waisala Akan Dipidana

WAISALA,N25NEWS.COM -Sejumlah saksi yang mengikuti Rapat Pleno terbuka kecamatan Waisala mengaku sangat kecewa dengan kinergia …