Breaking News

Calon Mahasiswa Poltekes Dapat Kuliah Umum Dari BNN

AMBON,N25NEWS.COM – satu syarat diterima di Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maluku, sebanyak 415 calon mahasiswa mengikuti kuliah umum yang diberikan Badan Narkotika Nasional (BNN) Maluku.

Kuliah umum dengan tema” Mellenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas” yang dipusatkan di aula Poltekes Kemenkes Maluku, Kamis(13/6/2019) disampaikan langsung Kepala BNN Provinsi Maluku Brigjen Pol Drs M.Aris Purnomo.

Selain kuliah umum, pihak BNN Maluku juga melakukan tes urine bagi calon mahasiswa baru dan lomba conten anti narkoba bagi mahasiswa Poltekes Kemenkas Maluku pada umumnya.

Pantaun N25NEWS.COM dilolasi kuliah umum, berjalan aman dan lancar, serta dilanjutkan dengan sesI tanya jawab dari para calon mahasiswa baru dengan subtansi bahaya narkoba bagi generasi mudah sebagai tongkat estafet pembangunan bangsa dan negara.

Usai memberikan kuliah umum kurang lebih 120 menit, kepada awak media Kepala BNN Maluku Brigjen Pol Drs M. Aris Purnomo menjelaskan, paparan kuliah yang disampaikan masih menyangkut dengan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) generasi muda mellineal yang anti narkoba menuju Indonesia emas.

“Sekarang kan sudah generasi mellineal yang serba teknelogi, maka kita akan manfaatkan mereka tentang pemanfaatan narkoba dan kita harapkan merek bisa menyebarkan melalui teknologi, apakah itu Facebook, Instegram sehingga nantinya lebeh efektiv dan lebih cepat,”jelasnya.

Melalui kuliah umum Jenderal dengan bintang satu dipundaknya berharap agar para calon mahasiswa baru bisa menjadi ejen-ejen BNN yakni, mahasiswa yang nantinya dapat memberikan pemahaman-pemahaman pada masyarakat tentang bahayanya narkoba bagi manusia.

Baca juga :   Dosen Prodi Keperawatan Masohi laksanakan Pengabmas PANDU Lansia di Negeri Mosso Malteng

“Kami senang sekali ternyata mereka-merka itu sangat paham tentang kesehatan, sebab masalah narkoba itu menyangkut dengan masalah kesehatan dengan harapan kerja sama ini dapat berlangsung terus menerus agar nantinya mahasiwa-mahasiswa ini dapat sebagai duta anti narkoba,”harapnya.

Terkait dengan pemeriksaan urine kata Brigjen Purnomo, kalau nantinya ada calon mahasiswa yang positif, maka langkah yang diambil akan direhabilitas sesuai UU, namun menyangkut dengan persoalan disiplin akan menjadi tanggungjawab pihak Poltekes.
Menyangkut dengan hal tersebut Direktur Poltekes Kemenkes Maluku Hairudin Rasako S.KM, M.Kes ditempat yang sama mengatakan, jika ada calon mahasiswa yang positif dalam pemeriksaan urine, pihaknya tidak serta merta untuk menggurkan dari pencalonan sebagai mahasiswa, tapi akan dikembalikan untuk direhabiliras setelah jika yang bersangkutan dinyatakan pulih akan dikembalikan menjadi mahasiswa kembali.
Untuk itu setiap tahun dalam merekrutmen mahasiswa baru, salah satu syarat harus melakukan pemeriksaan urien sehingga tidak ada mahasiswa yang terlibat dengan narkoba.

“Mahasiswa kami itu harus bebas dari narkoba, makanya setiap tahun itu kami mendapat penghargaan dari BNN pusat,”akuinya.

Maka dari itu selain melakukan pemeriksaan urien juga ada pembinaan anti narkoba, sehingga yang sangat diharapkan dari Poltekes Kemenkes semua mahasiswa bebas dari narkoba.

Reporter :Rohim

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

BKKBN Maluku Gelar Kegiatan Penguatan Digital Leadership Dan Penguatan Forum Gendre Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2019

AMBON,N25NEWS.COM-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Maluku menggelar kegiatan Pengua Digital Leadership dan Penguatan …