Home / Ekonomi / Cara Ampuh Mengukur Kenaikan Harga. Inilah Jawabannya!

Cara Ampuh Mengukur Kenaikan Harga. Inilah Jawabannya!

ORA,N25NEWS.COM – Inflasi memiliki nilai penting yakni guna mendapatkan kepastian kestabilan harga pada beberapa komoditi.

Untuk itu, beberapa cara ampuh kemudian dapat dilakukan untuk mendapatkan kepastian kestabilan harga suatu komoditi yang mampu mempengaruhi inflasi itu sendiri.

Hal ini diakui oleh Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Maluku, Andy Setyo Biwado disela memberikan materi pada kegiatan Pelatihan Wartawan tahun 2018, Kamis (19/04) di Lokasi Wisata, Ora Beach Resort, Kabupaten Seram Barat Bagian Utara, Provinsi Maluku.

Diakuinya, cara ampuh yang kemudian dapat dilakukan diantaranya menjaga daya beli masyarakat serta menjaga daya saing negara.

“Nah, terhadap kedua hal inilah kemudian ini menjadi salah satu program¬† TPID Provinsi Maluku. Seperti, menyamakan penggunaan ukuran standar yang dilakukan oleh BPS, maupun para pedagang komoditi yang berpengaruh pada inflasi pada pasar tradisional di Kota Ambon maupun Kota Tual,” pungkasnya.

Andy Setyo lebih lanjut menyebutkan, komoditi yang dianggap berpengaruh terhadap inflasi lebih banyak pada komoditi ikan dan sayur mayur.

“Pemicu meningkatnya harga komoditi ikan misalkan, kalau pada pasar tradisional, penjualan komoditi ikan menggunakan sistem tumpukan. Berbeda dengan sistem yang dilakukan BPS, pasalnya mereka menggunakan sistem ukur Kilogram. Untuk itu, di tahun 2018 ini, kami akan mengkampanyekan penggunaan timbangan sebagai pemula untuk bahan seperti ikan dan sayur guna mengukur kenaikan harga/inflasi,” tandas Andy Setyo.

Disamping itu, dirinya menyatakan fokus program pencegah inflasi dipatok pada “4K” yakni tersedianya pasokan, terjangkaunya harga, lancarnya distribusi serta komunikasi ekspetasi.

Menutupnya, Andy Setyo mengungkapkan bahwa sejauh ini pihaknya melakukan pencegahan terhadap kenaikan komoditi di maksud.

“Kami telah melakukan fokus “4K” tersebut di tahun 2017 lalu terhadap cluster bawang merah dan cabai rawit. Alhamdulillah, di tahun 2017 inflasi kita terkendali di bawah tiga persen. Dengan demikian kita akan terapkan pola yang sama pula dengan mengenalkan cara baru menggunakan alat ukur Kg pada Komoditi ikan di tahun ini sehingga cukup membantu keterjangkauan harga,” tutupnya. (Amy Latuny)

About admin

Check Also

30 Peserta Ikut Ajang Lomba Masak Ikan Nusantara

AMBON,N25NEWS.COM – Lomba Masak Ikan Nusantara dalam rangka Menuju Istana yang diselenggarakan Dinas Perikanan dan …