Caritas Germany Gandeng YPM Lakukan Rangkaian Bantuan Korban Gempa SBB

AMBON,N25NEWS.com -Caritas Germany Gandeng YPM Lakukan Rangkaian Bantuan Korban Gempa SB sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap dampak gempa bumi,Caritas Germany bersama Yayasan Pelangi Maluku (YPM) melakukan serangkaian kagian bantuan bagi korban terdampak gempa di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Dalam rilis YPM yang diterima N25 News Com, serangkian kegiatan sosial dimulai sejak 2 November dimulai dengan distribusi bantuan sembako secara simbolis ke dusun Talaga Ratu dan desa Waimital Kecamatan Kairatu. Dari Waimital rombongan tim Bravo kembali melakukan distribusi bantuan ke dusun Siompu.

Dihari kedua tim Emergency Bravo kembali melakukan distribusi ke dusun Pakarena yang berada di Lokasi pegunungan pakarena, dusun Waralohi, dusun Leamahu, dusun Waiselang dan desa Kawatu yang semuanya berjalan lancar sesuai rencana.

Hari ketika oleh tim emergency Alfa melakukan distribusi pada 9 KK di desa Waihatu, meskipun sedikit mengalami komplen dari warga setempat namun ditribusinya tetap berjalan dengan lancar. Distribusi kembali dilanjutkan ke dusun Haturapa bagi 20 KK.

Sementara di dusun Keapala Dua yang dikoordinator tim Emergency Bravo menyerahkan bantua berupa, tenda, sembako dan selimut, selanjutnya di dusun Waitasi sebanyak 16 KK juga diberi bantuan.

Semantara bantuan yang disalurkan secara masal di Desa Kairatu berdasarkan data AMGPM Kairatu Kairatu penerima bantuan sebanyak 800 KK lebih yang bantuannya berupa, 500 butir telur, 500 Kg beras, 500 botol mineral uk. 1,5 liter, 10 terpal, minyak kelapa 100 kg.

Ketua YPM Rosa Pentury dalam penjelasannya mengatakan, penyerahan secara simbolis diberikan YPM kepada Pemda SBB yang diterima Sekda Mansur Tuharea.

Lewat program Emergency diharapkan, bantuannya dapat bermanfaat bagi masyarakat penerima bantuan di SBB.
Bantuan ini penuh diberikan oleh Caritas Germany berupa, tTerpal, selimut, food items, Baby kits dan Higiene kits yang jumlahnya sesuai detail barang yang direncanakan.

Baca juga :   Tampil Sebagai Juri, Gubernur Bagi Tips Masak Ikan Kuah Kuning

“Dengan melihat kondisi korban SBB yang rata-ratanya berada dipegungan, pendistribusian barang akan dibagikan tidak semuanya kepada penerima yang ada dalam data, tetapi dibagi per kebetuhan dan jumlahnya dibagi dua dari jumlah yang direncanakan,”katanya.

Dengan tujuan agar lebih banyak masyarakat yang dibantu meskipun tidak mendapatkan barang bantuan secara full dan Namanya tidak masuk dalam data base. Misalnya beras yang seharunya per kk mendapatkan 10 kg, namun hanya diberikan 5 kg per kk, sehingga 5 kg sisanya dapat dibagikan kepada masyarakat lain yang juga mengalami korban gempa.

Disamping kata Rosa Pentury, selian bantuan sembaku warga pengsungi juga diberikan bantua berupa Trauma Healing maupun pembuatan barak atau tenda semi permanen serta mempersipakan sanitasi maupun penerangan yan menjadi kebutuhan para pengungsi.

Dalam kesempatan itu Bupati yang diwakili Sekda menyatakan dukungan, atas kebijakan YPM untuk memberikan bantuan secara merata yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pengungsi, sehingga yang belum termasuk dalam datapun bisa terbantukan.

“Kalu bisa program YPM dan Caritas Germany, tidak hanya sampai ini saja tetapi masih ada lagi partisipasi berikutnya,” ungkap Sekda mewakili Bupati SBB.

Dari hasil kesimpulan terakhit YPM menilai,. masih banyak pengungsi yang membutukan bantuan, terutama di gunung dan di hutan yang jauh dari akses bantuan, banyak yang juga mengalami trauma sehingga perlu ada pencerahan trauma hilling bagi pengungsi, kesehatan dan sanitasi menjadi masalah, serta membutuhkan edukasi yang tepat tentang gejala gempa dan akibatnya agar masyarakat bisa kembali ke desa.

Reporter : Gali

Editor :Redaksi

Check Also

Impex Sepakati Percepatan Pembangunan Blok Masela.

AMBON,N25NEWS.com-Pihak Impex telah menyepakati untuk mempercepat pembangunan gas abadi Blok Masela.Hal ini terlihat pada saat …

×

N25NEWS.com