Cegah Covid-19,Hariani Ajak Tingkatkan Budaya Kebersihan Mencuci Tangan

Budaya cuci tangan dan jaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun hingga hand sanitizer harus terus gencar dilakukan,ditengah masih mewabahnya virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19.

AMBON,N25NEWS.com-Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon.Dra Hariani Apt mengatakan,budaya cuci tangan dan jaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun hingga hand sanitizer harus terus gencar dilakukan,ditengah masih mewabahnya virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19.

“Hand Sanitizer dan desinfektan yang kita gunakan,merupakan produk PKRT (perbekalan kesehatan rumah tangga) dan izin edar PKRT menjadi kewenangan Kementrian Kesehatan RI berdasarkan Permenkes N0.62 tahun 2017 tentang ,izin edar alat kesehatan,alat diagnostik in vitro dan PKRT,kata Hariani kepada awak media di Ambon,jumat 27 Maret 2020.

Dijelaskannya,hand sanitizer dapat digunakan sebagai desinfektan untuk membersihkan tangan. Terutama sehabis memegang benda-benda asing dalam aktivitas sehari-hari yang kemungkinan terdapat organisme jahat di sana, termasuk virus corona atau SARS-CoV-2.

Hal ini membuat masyarakat memborong hand sanitizer di pasaran, bahkan beragam cara alternatif bisa dilakukan masyarakat untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah.

Produk PKRT termasuk hand sanitizer yang diproduksi, diimpor, dirakit dan/atau dikemas ulang, dan akan diedarkan harus memiliki Izin Edar dari Kementerian Kesehatan. Tidak ada larangan bagi masyarakat memproduksi hand sanitizer untuk digunakan sendiri sesuai dengan pedoman World Health Organization (WHO).

Sementara itu,kewenangan kita dari Badan POM adalah pengawasan sediaan farmasi (obat, kosmetik, obat tradisional dan suplemen kesehata) dan makanan,”jelas Hariani

Adapun,Hariani menandaskan untuk registrasi yang maksud kewenangan Badan POM adalah registrasi pangan olahan,registrasi obat,notifikasi kosmetika,registrasi OT dan registrasi Suplemen kesehatan.Sedangkan di tahun 2019 sampai Maret 2020 ini BPOM Ambon belum pernah menerima sampel pihak ketiga berupa PKRT.

Check Also

Jelang Perayaan HUT,BPOM Ambon Gelar Lomba Rangking Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah

AMBON,N25NEWS.com-Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon,menyelenggarakan Lomba Rengking Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah,bagi anak-anak …