Home / Kota Ambon / Cegah Macet, Dishub Ambon Siapkan Rute Baru Laut Jadi Alternatif

Cegah Macet, Dishub Ambon Siapkan Rute Baru Laut Jadi Alternatif

AMBON,N25NEWS.COM – Kemacetan parah yang kerap terjadi di Kota Ambon, Provinsi Maluku, membuat pemerintah Kota Ambon kini berupaya mencari solusi.

Mengantisipasi kemacetannya, Dishub Kota Ambon bakalan membuka dua trak baru penyeberangan laut dengan rute Mardika – Laha/Hative Besar dan Mardika – Waiheru sebagai usulan alternatif agar para penguna jalan jangan hanya fokus pada moda angkutan darat saja.

Hal ini diakui oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette saat di konfirmasi N25News.com pada, Senin (16/04) di Ruang Kerjanya, di Kota Ambon.

Dirinya mengakui bahwa, disamping lebih mengirit waktu, tarifnya juga layak. Sehingga moda angkutan darat akan beralih pada moda angkutan laut.

“Nah, untuk hal itulah kami merasa perlu adanya pembenahan kepada jenis angkutan laut seperti Speed Boat. Sebab dirasakan, dengan mode angkutan speed boat seperti saat ini yang ada pada rute Penyebrangan Mardika-Kota Jawa dan Mardika-Waiyame dianggap tak layak bagi keamanan dan kenyamanan pengguna,” pungkasnya.

Disamping itu, terkait Kondisi Fisik Speed Boat, Pihaknya telah menyiapkan beberapa prototipe speed boat baru yang memang layak untuk dipakai masyarakat jika ingin menyeberangi lautan.

“Sehingga, dengan adanya moda angkutan laut berarti mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi pada beberapa ruas jalan yang rawan oleh angkutan darat yang disebakan oleh rasio antara kapasitas jalan dan volume kendaraan tidak seimbang,” tandasnya.

Menutupnya, dirinya menegaskan bahwa selain Jalur Laut dibuka, pihaknya juga akan membatasi beberapa kendaraan yang sudah tak layak atau termakan usia untuk tak beroperasi lagi.

“Nah, inilah terapi-terapi yang mestinya di lakukan dan kita akan laksanakan itu kedepan,” tegasnya. (Amy Latuny)

 

About admin

Check Also

Setahun, Ini Prestasi Yang Diraih Richard-Syarif Oleh : Amy Latuny

“Melalui capaian selama setahun kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Richard Louhenapessy -Syarif Hadler setidaknya …