Breaking News

Cerdaskan Generasi Millenial, BPOM Ambon Gelar Kegiatan KIE Obat, Kosmetik dan Pangan Aman di SMA Muhammadiyah Ambon

AMBON,N25NEWS.COM – Balai POM Ambon menyelenggarakan kegiatan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) di SMA Muhammadiyah Ambon. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kemandirian generasi millennial dalam memilih obat, kosmetik, dan pangan yang aman Pada hari Jumat, (22/03/ 2019).

Acara resmi dibuka oleh Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Ambon dan dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi mengenai pemilihan obat, kosmetik dan pangan yang aman oleh Indrayani Hardi dan Siska Yanti dari Balai POM Ambon. Pada pemaparan kali ini, narasumber menjelaskan cara memilih obat, kosmetik, dan pangan yang aman. Generasi milenial dapat juga mengakses aplikasi CEK BPOM dan BPOM MOBILE setelah mendownload dan menginstal dari playstore pada gadget android. Aplikasi ini ditujukan untuk  mengecek Nomor Izin Edar (NIE) dan database dari produk obat, kosmetika, obat tradisional dan pangan. Selain itu, diperkenalkan beberapa contoh bahan berbahaya yang biasanya ditambahkan ke produk kosmetik dan pangan serta dampaknya bagi kesehatan seperti pewarna tekstil merah K-10 pada kosmetik, pewarna rhodamin-B, metanil yellow, boraks dan formalin pada pangan.

“Saat ini, masih terdapat beberapa produk kosmetik yang ilegal (tidak memiliki izin edar dari BPOM) dan mengandung bahan berbahaya serta dapat dengan mudah dibeli secara online melalui marketplace, masyarakat dan generasi muda juga kurang memahami risiko hal ini sehingga perlu dilakukan edukasi dan masyarakat diminta untuk melakukan Cek KLIK (Cek Kemasan,, Label, Izin Edar dan Kadaluarsa) sebelum membeli suatu produk dan mengeceknya diaplikasi CEK BPOM atau BPOM MOBILE”, papar Siska.

Pada akhir acara, Balai POM Ambon melakukan pengujian cepat (rapid test) terhadap  Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang dijual di sekitar SMA Muhammadiyah yang sebelumnya telah disampling oleh petugas Balai POM Ambon dengan melibatkan 2 orang siswa/i kelas XI SMA Muhammadiyah Ambon yaitu bakso, mie basah dan  kerupuk. Alasan pemilihan produk ini karena biasanya pada ketiga produk pangan ini rentan ditambahkan bahan berbahaya seperti Boraks dan Formalin yang sering disalahgunakan sebagai pengenyal dan pengawet produk pangan. Pengujian ini dilakukan langsung dihadapan seluruh siswa/i dan guru – guru untuk memastikan keamanan produk yang mereka konsumsi. Hasil pengujian menunjukkan seluruh produk yang diuji tidak mengandung bahan berbahaya sehingga aman untuk dikonsumsi.

Melalui kegiatan ini Balai POM Ambon menghimbau siswa/i untuk menjadi konsumen yang cerdas dan aktif dengan selalu memperhatikan cekKLIK yaitu Cek Kemasan (memastikan kemasan produk yang dibeli baik, tidak sobek atau bergelembung, sehingga dapat dipastikan produk yang dibeli ini tidak terkontaminasi udara luar), Cek Label (memastikan label yang tertera dapat dibaca dengan jelas, tulisan tidak blur atau pudar, serta produk yang akan digunakan sesuai dengan indikasi pada label produk), Cek Izin Edar (memastikan Izin Edar dari BPOM atau P-IRT dari Dinas Kesehatan mengecek ke aplikasi CEK BPOM atau BPOM MOBILE) serta Cek Kadaluwarsa (memastikan produk tidak melebihi tanggal kadaluwarsa).

Editor : Redaksi

 

About admin

Check Also

Dinkes Gandeng BPOM Ambon Gelar Monitoring dan Evaluasi Apotek

AMBON,N25NEWS.COM- Dinas Kesehatan Kota Ambon Gandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon menggelar monitoring …

×

N25NEWS.com