Breaking News
foto :www.mtbkab.go.id

Cikal Bakal Perubahan Nama Kecamatan Yaru,Menjadi Kecamatan Fordata

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Cikal bakal perubahan nama Kecamatan Yaru menjadi Kecamatan Fordata,bertolak dari sejarah kecamatan tersebut.Sejak dulu pada masa penjajahan Portugis yang datang bersamaan dengan tentara sekutu,daerah ini telah lama dikenal dengan nama Fordata.

Hal ini dikatakan Bupati Kepulauan Tanimbar,Petrus Fatlolon dalam serangkaian agenda kunjungan kerjanya di Kecamatan Fordata dan peresmian nama Kecamatan Fordata menyaksikan deklarasi perubahan nama di desa Adodo Fordata,selasa (26/02/2019).

Lebih lanjut Fatlolon mengatakan,”Kemarin kami secara remi tela merubah nama Kecamatan Yaru menjadi Kecamatan Fordata yang dilaksanakan di desa Romean,Ibukota Kecamatan Fordata,”kata Fatlolon.

Respon masyarakat Kecamatan Fordata terhadap perubahan nama kecmatan ini sangat posetif,sebab denagn adanya perubahan nama kecamatan ini masyarakat sangat gembira bahkan ada yang samapi terharu,sebab sesungguhnya masyarakat telah kembali pada jati diri mereka sebagai orang Fordata dan juga adat istiadat masyarakat juga akan diangkat melalui perubahan nama kecamatan.

Dengan adanya perubahan nama Kecamatan Yaru menjadi Kecamatan Fordata ini,maka seluruh anak Fordata mulai dari desa Romean,Rumngeur,Awear,Sofyanin,Walerang dan Adodo Fordata merasa dipersatukan,salah satunya dalam penggunaan bahasa Fordata ataupun pakai adat dan tari-tarian khas Fordata yang telah menjadi budaya di seantero Kepulauan Tanimbar.

“Foruk terkenal berasal dari Fordata oleh karena itu diharapkan dengan berubahnya nama Kecamatan Yaru menjadi Kecmatan Fordata maka mulai dari anak-anak sampai orang dewasa,harus bertekad untuk melestarikan foruk,kita tahu foruk digunakan dari ujung Molu Maru samapi ujung Selaru,ini merupakan kebanggaan karena itu mereka mestinya menjadi motor untuk melestarikan foruk ini,”tandas Fatlolon.

Sumber :www.mtbkab.go.id

About admin

Check Also

BPD Saumlaki Gelar Razia Pajak Pada Hotel,Rumah Makan Dan Restoran

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Badan Pendapatan Daerah (BPD) Kabupaten Kepulauan Tanimbar,melakukan razia pajak yang difokuskan pada rumah makan,hotel dan …