Covid-19, Pegadaian Berikan Penundaan Batas Waktu Jatuh Tempo

AMBON,N25NEWS.com – Mengatasi penyebaran virus corona (Covid-19), PT Pegadaian (Persero) Cabang Ambon memberikan dispensasi kelonggaran waktu dengan memperpanjang waktu jatah tempo kepada nasabah yang jaminannya sudah memasuki jatuh tempo pembayaran, terhitung 15 hari setelah masih jatuh tempo berakhir.

“Selama pencegahan Covid-19, kami di Pegadian berlakukan beberapa point, salah satu melakukan penundaan pembayaran angsuran barang jaminan yang sudah memasuki batas waktu jatug tempo pembayaran, selama 15 hari kedepan,”akui Vice President PT. Pegadaian Area Ambon, Asih Subekti, pada Berita Kota Ambon, Rabu(1/3).

Menurutnya, penundaan pembayaran anggsuran terhadap barang yang dijaminkan, ini dimaksud agar dapat memberikan kesempatan kepada nasabah untuk dapat melakukan penundaan angsuran pembayaran hingga sampai batas waktu yang ditentukans selama 15 hari kedepan.

Bukan hanya itu, perusahan plat merah ini juga dalam mengatasi pencegahan Covid-19 juga memperkecil waktu pelayanan kepada masyarakat dengan mengurangi waktu pelayanan yang dimulai dari pukul 09.00 hingga 14.00 WIT, setelah itu tidak ada lagi waktu-waktu pelayanan masyarakat yang hendak ingin mengadaikan barang jaminannya.

“Dalam internal kami sendiri juga, kita juga melakukan beberapa antisipasi perkembangan pandemik Virus Corona dengan melakukan penyemprotan disinfektan diseluruh otlet Pegadaian yang ada di Provinsi Maluku, inventaris dan rumah dinas,”jelasnya.

Khusus bagi pegawai Pegadaian sendiri kata, Subekti, pihak perusahan juga memberikan sumbangan berupa bantuan paket sembako, kepada setiap pegawai termasuk pekerja kontrak, termasuk dengan pemberian suplemen agar tetap menjaga kesehatan dengan baik yang dilengkapai dengan sarung tangan dan masker pelindung.

Sementara khusus untuk masyarakat yang ingin berurusan, pihak perusahan juga telah menyediakan sarana cuci tangan atau sanitizer disetiap otlet kantor pegadaian dan pengaturan jarak bertransaksi antara nasabah dengan pegawai disetiap otlet.

“Itu nanti yang biasa bisa merapat antara satu dengan yang lain, namun dengan kondisi saat ini sudah ada jarak antara nasabah satu dengan yang lain, termasuk dengan pegawai di otlet sehingga tidak ada lagi yang berkerumun tapi sudah diatur dengan jaran antara satu dengan yang lain, sesuai dengan anjuran dari pemerintah,”ujarnya.

Secara tersistim, Pegadian juga telah membentuk tim gugus tugas Covid-19 yang terpusat di Kanwil Pegadian Makasar yang bertugas memantau seluruh perkembangan aktifitas, baik internal maupun extranal dilingkup kerja seluruh otlet Kanwil VI Pegadaian Makasar.

“Dari hasil koordinasi tim gugus tugas Covid-19 belum ada indikasi satupun pegawai Kanwil VI Pegadaian, termasuk di Maluku yang ODP maupun PDP terindikasi Covid-19,”akuinya,

Ditanya soal dampak Covid-19 terhadap pertumbuhan bisnis di Pegadaian Cabang Ambon, Subekti mengakui, memang ada dampaknya, khususnya pada angka kredit motor dan mobil yang saat ini mengalami penghentian sementara waktu sampai kondisi agak membaik, sehingga langka yang diambil dengan pending sementara kredit dengan jaminan kenderaaan termasuk dengan menggunakan anggunan sertifikat tanah, sedangkan untuk emas tetap berjalans seperti biasa.

Namun dari sisi nasabah lanjut, Subekti, terdapat banyak nasabah yang barangnya dijadikan jaminan belum bisa ditebus sampai batas waktu jatuh tempo, sehingga mengalami penundaan akibat isunya Covid-19 yang terjadi saat ini.

“Banyak barang-barang yang sudah masuk jatuh tempo, sudah tanggal lelang tapi belum melakukan perpanjang kembali, namun kita tetap hubungi nasabah untuk mengingatkan agar jangan sampai barang jaminan mereka terlelang, bahkan semakin banyak kredit macet dapat menimbulkan biaya yang cukup besar, dari sisi bisnis kami,”ungkapnya.

Subekti pun mengakui, dampak dari Covid-19 banyak barang jaminan milik nasabah yang mengalami penundaan pelunasan setelah habis batas waktu jatuh tempo pelunasan, tapi Pegadaian memberikan kelonggaran waktu hingga 15 hari kedepan, terhitung masa jatuh tempo habis. (**)

Check Also

Berbagi Berkat Di Bulan Ramadhan Dan Covid-19 IASM Bagi 50 Paket Sembako Untuk Alumni

AMBON,N25NEWS.com-Pengurus Ikatan Alumni Sekolah Lanjutan Advent Maluku (IASM) dan Nawens Production melaksanakan kegiatan berbagi kasih …