Cuaca Tak Menentu, Harga Sayuran Di Pasar Ambon Naik

AMBON,N25NEWS.COM-Cuaca yang tak menentu dimana terkadang hujan dan panas, menyebabkan harga sayuran di sejumlah pasar tradisonal Kota Ambon merangkak naik. Beberapa diantaranya kacang panjang, sawi, kangkung, dan cabe rawit. Kenaikan ini membuat ibu-ibu rumah tangga menjerit.

Wa Jum (46), ibu rumah tangga asal Desa Poka , Kecamatan Teluk Ambon, mengatakan, kacang panjang sebelunya Rp 6 ribu per ikat naik menjadi Rp 8 ribu per ikat. Begitu pula dengan sawi, mencapai Rp 10 ribu per ikat. Padahal, sebelumnya hanya Rp 5 ribu per ikat,jumat (26/7/2019).

“Kalau penghujan ini disebutnya musim paceklik. Tetapi, harga-harga sayuran malah naik dan sebenarnya ibu-ibu rumah tangga agak was-was sebab bila harga sayuran terus naik,dikuatirkan akan menyebabkan harga kebutuhan pokok lainnya ikut naik seperti beras,minyak serta telur,”ungkapnya.

Karena itu, seharusnya pemerintah segera intervensi. Supaya, kenaikan harga sayuran ini tidak berdampak pada naiknya harga sembako. Sebab, bila sembako naik, maka ibu rumah tangga akan semakin menjerit lagi.

Sementara itu, Nurdin (36), pedagang sayur di Pasar Mardika, mengatakan, kenaikan harga sayuran saat musim penghujan sudah biasa. Sebab, stok dari petaninya minim. Sedangkan permintaan tinggi. Makanya, harga sayuran melambung tinggi.

“Kalau musim penghujan, biasanya banyak petani yang gagal tanam. Jadi, stoknya minim. Sehingga, harganya melambung tinggi,” jelasnya.

Sayuran yang naik ini, di antaranya wortel, kacang panjang, buncis, kangkung, sawi, dan bayam,kool,ketela pohon. Tetapi, saat ini kenaikannya masih wajar,hanya saja cabai rawit merah yang harganya melambung sangat tinggi.

Reporter        : Aris Wuarbanaran

Editor           : Redaksi

 

 

About admin

Check Also

Harga Bahan Pokok Di Pasar Ambon Bervariasi

AMBON,N25NEWS.com-Beberapa pekan terakhir ini,harga bahan pokok pada beberapa pasar    tradisional di Kota Ambon mengalami pergerakan …

×

N25NEWS.com