Dewan Juri Tetapkan 10 Karya Nominasi Lomba Desain Logo GerakET

AMBON,N25NEWS.com-Setelah dibuka pendaftaran selama 14 hari dan penutupan pada 20 Juni 2020, akhirnya dewan juri Lomba Desain Logo Gerak ET telah menetapkan 10  nominasi .

Kepada N25NEWS.com,Opa Rudy Fofid mewakili dewan juri menegaskan bahwa tim juri saat ini sedang bekerja, dimulai dari melakukan proses verifikasi terhadap sekian banyak logo yang masuk, baru setelah itu dilakukan penilaian terhadap karya-karya Logo GerakET,hal ini pun kata Fofid, proses kerja  penjuriannya  tidak dilakukan secara tergesa-gesa, sebab mengingat jumlah pesertanya yang membludak. Olehnya itu tim juri harus ekstra teliti dan objektif sehingga untuk menentukan logo yang terbaik dewan juri akan  bekerja selama tiga hari kedepan.

“Sehingga dari sekian banyak karya logo yang harus di nilai oleh dewan juri akhir nya  mengerucut pada 10 karya terpilih yang akan menuju pada satu karya terbaik yang akan dipakai sebagai Logo Paten Gerak ET.” kata Fofid kepada N25NEWS.com minggu (21/6).

Selain itu, lelaki yang akrab disapa Opa Rudy ini,menjelaskan,dari sepuluh karya terpilih itu, hanya nomor satu yang menjadi juara (number two is not number) bukan berarti nomor dua sampai nomor sepuluh tidak menjadi juara, tapi semua karya itu nantinya akan diberi apresiasi sebagai bentuk penghormatan terhadap karya generasi milenial daerah ini.

Di jelaskan juga,bahwa tim juri melihat dari semua desain  logo dari peserta,ada yang sangat profesional dan ada pula  beberapa peserta yang coba desain baru,sehingga hal ini perlu  melihat berbagai aspek dan referensi dalam mendesain sebuah logo atau karya.

Adapun, lelaki yang merupakan seorang Budayawan ini menyarankan untuk para peserta desain logo yang nantinya tidak masuk sepuluh nominasi agar terus berkarya dan berkreasi serta melakukan konsultasi dengan beberapa desainer yang basicnya desain grafis. Dan juga para peserta dapat melihat tutorial-tutorial di berbagai media tentang bagaimana cara membuat desain yang benar-benar simbolik dan tidak konkret seperti foto dan huruf biasa, sehingga karya seninya semakin matang dan siap dipakai ditengah persaingan global.

“Beta (red-saya) kira nantinya kalau ada lomba semacam ini ada lagi, maka generasi muda daerah ini sudah bisa bersaing dengan kompetitor-kompetitor di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, Provinsi Maluku dalam hal ini Kota Ambon memiliki potensi alam yang indah dan dukungan kreator yang kreatif, kritis merupakan peluang besar untuk anak muda terus berkarya dan berinovasi.

Lebih lanjut, ditambahkan juga bahwa dewan juri masih akan terus bekerja menuntaskan proses penilaian untuk mendapatkan sepuluh karya.

“Proses penjurian ini harus kami lakukan dengan sangat teliti dan hati-hati, karena semua karya yang masuk, merupakan karya terbaik anak daerah, tapi pada dasarnya setiap kompetisi akan ada yang terpilih sebagai pemenang dan oleh sebab itu tim juri harus memutuskan secara baik ” tanda Fofid.

Ketika di tanya independensi dewan juri Rudy Fofid menegaskan bahwa hal ini merupakan harga diri dewan juri.

“Jadi kalau dewan juri tidak independen lebih baik meninggal dari kecil saja,”tegas Rudy Fofid salah satu juri Lomba Desain Logo GerakET berih jaminan.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

Amboina Ukulele Kids Community Kunjungi Museum Siwalima Ambon

AMBON.N25NEWS.COM – Selain melestarikan alat dan musik Ukulele anak anak yang tergabung dalam  Amboina Ukulele …