Breaking News

Di Pastikan Sabtu (13/7), Gubernur Lepas 1,268 JCH Maluku

AMBON,N25NEWS.COM-Dipastikan hari ini, Sabtu(13/7) Gubernur Maluku Drs Murad Ismail melepas 1,268 Jemaah Calon Haji (JCH) 1440 H/2019 M.

Jumlah tersebut, dibandingkan dengan kuota haji Maluku sebanyak 1,272, namun terdapat empat JCH lainya yang meminta penundaan keberangkatan, sehingga total jemaah yang akan dilepas dan diberangkatkan hanya berjumlah 1,268 jemaah termasuk Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

“Besok(hari ini) sesui jadwal, pukul 09.30 WIT pak Gubernur resmi melepaskan 1.268 jemaah haji tingkat provinsi Maluku,”ungkap Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad S.Pd, M.Pd usai meninjau persiapan pelepasan JCH Maluku di asrama haji Waiheru, Jumat(12/7/2019).

Dikatakan dalam pelepasan tersebut nanti juga akan disinggung soal rencana pelepasan lahan lima hektar kepada Kementerian Agama (Kemenag) untuk nantinya akan dibangun infrastruktur embarkasi haji antara.

Untuk JCH Maluku terbagi dalam tiga kelompok keberangkatan (kloter) 12, 13 dan 14.

Baca juga :   Kemenag Agendakan Pemulangan Jemaah Haji

Ia mengatakan, usai pelepasan JCH nantinya akan dilanjutkan dengan proses keberangkatan pada tanggal 14 dan 15 Juli dengan menggunakan maskapai peberbangan Lion Air dari bandara Pattimur menuju banda internasional Hasanudin Makasar dan selanjutnya digiring ke asrama haji Sudiyan.

Nantinya selama kurang lebih satu bulan menjalankan ibadah haji di Mekkah dan kembali ke tanah air dijadwalkan pada 26 Agustus 2019 mendatang.

Terkait dengan pembahasan lahan lanjut Musaad, bahwa Gubernur telah punya komitmen untuk akan membebaskan lahan tersebut, JCH selama berada di Arab Saudi berdasarkan zonasi, nantinya akan menempati wilayah Syisyah, bahkan menu makannya juga sesuai dengan citra rasa khas Indonesia Timur.

“Kalau nantinya Maluku punya embarkasi sendiri, kemungkinan kita bisa datangkan sagu untuk buat papeda di Arab Saudi,”ujarnya.

Reporter : Rohim

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

232 Peserta KSM Rebut 11 Tiket Tingkat Nasional

AMBON,N25NEWS.COM –  Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi yang diikuti 232 siswa/siswi tingkat Madrasah …