Home / Kesehatan / Diare Dan DBD Mewabah Saat  Pancaroba, Ini Pencegahannya Oleh : Amy Latuny

Diare Dan DBD Mewabah Saat  Pancaroba, Ini Pencegahannya Oleh : Amy Latuny

“Serangan Diare dan Demam Berdarah (DBD) menjadi wabah penyakit tiap musim pancaroba. Tercatat dalam sebulan dua kasus DBD ditemukan terjadi pada kawasan Bere-bere, Kota Ambon. Pencegahan paling tepat di lakukan pembersihan sarang nyamuk (PSN) dibanding dengan penyemprotan”

AMBON,N25NEWS.COM – Diare dan demam berdarah (DBD) memang menjadi wabah penyakit setiap datangnya musim pancaroba atau perubahan cuaca yang tak menentu.

Hal ini diakui oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, Kamis (18/05/18).

Pelupessy mengakui sejauh ini telah ditemui adanya dua kasus DBD dalam bulan ini tepatnya pada kawasan Bere-bere, Kota Ambon.

“Kawasan Bere-bere memang dari tahun ke tahun setiap datangnya musim pancaroba yang terkadang musim hujan terkadang juga musim panas, selalu rawan DBD karena memang daerah ini banyak pohon dan Memang harus di bersihkan untuk mencegah wabah tersebut,” ungkapnya.

“Terhadap temuan kasus seperti ini, kita kemudian melakukan penyelidikan epidemiologi. Jadi Penyelidikannya Dalam radius 100 meter.  Jikalau ada kasus seperti demikian lagi maka kita  lakukan foging atau pengasapan,” tambahnya.

Mengantisipasi penyebaran wabah penyakit tersebut Pelupessy menegaskan agar masyarakat segeralah mulai melakukan pencegahan awal melalui penerapan pola hidup sehat.

Pelupessy juga menegaskan, Perilaku PHBS dengan sepuluh indikator baik kebersihan diri, kebersihan lingkungan serta pola makan sehat itu harus di jaga.

“Kebersihan diri yang dimaksudkan menyangkut tentang cuci tangan pakai sabun sebelum makan. Sedangkan untuk kebersihan lingkungan wabah penyakit DBD maupun diare sudah harus diantisipasi dengan mengkondisikan tempat Perindukan nyamuk penyebab demam berdarah karena dia hidup disaat-saat seperti ini,” pungkasnya.

Dirinya menjelaskan, Perindukan nyamuk banyak terjadi di air bersih. Mulai dari botol-botol bekas air mineral, hingga pada tempat penampungan air bersih. Sehingga sangat penting adanya pembersihan sarang nyamuk (PSN) setiap seminggu sekali.

Baca juga :   Pembangunan Kesehatan Berdasarkan Perikemanusiaan Adil dan Merata

Untuk itu, pencegahan paling tepat ialah di lakukan PSN dibandingkan dengan penyemprotan.

About admin

Check Also

Sosialisasi Program KKB ,Peran Media Di Minta Lebih Optimal Oleh :Redaksi

AMBON,N25NEWS.COM – BKKBN Provinsi Maluku menggelar silaturahmi dengan kalangan Jurnalis media cetak, Elektronik dan online …