Home / Hukum dan Kriminal / Diduga Ada Keterlibatan Oknum DPRD Di Proyek RKB SMPN 2 Ambon

Diduga Ada Keterlibatan Oknum DPRD Di Proyek RKB SMPN 2 Ambon

AMBON,N25NEWS.COM -Setelah disebut ada dugaan korupsi berjamaah yang melibatkan Walikota Ambon, kini giliran oknum anggota DPRD yang juga diduga terlibat dalam proyek Ruang Kelas Baru (RKB) SMP Negeri 2 Ambon yang menggunakan alokasi APBN tahun 2018 sebesar Rp 3.273.795.000,- yang dikerjakan menggunakam sistim soakelola.

Meskipun menggunakan APBN dalam proyek RKB SMPN 2 Ambon, tapi peran DPRD sebagai fungsi kontrol dan pengawasan, seharusnya sudah melakukan pemanggilan terhadap sejumpah pejabat termasuk Kepalsek SMPN 2 Ambon yang memiliki peran langsung dengan proyek tersebut.

Namun hingga saat ini belum ada langkah-langkah yang diambil DPRD Kota Ambon, tetapi hanya tinggal janji dan realisasinya hingga saat ini hanya isapan jempol semata.

Dari berbagai informasi yang berhasil dihimpun N25NEWS.COM di DPRD Kota Ambon, Selasa(27/11/2018) menerangkan, bahwa persoalan proyek RKB SMPN 2 Ambon jangan lagi dibesar-besarkan tetapi harus bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

Meskipun secara kasat mata sesuai papan proyek, ada terjadi kenjanggalan atas besar anggaran yang disetujui Kementerian Pendidikan dengan volume kerja yang terkesan     ada bau korupsi dalam proyek tersebut.

Dari informasi sebelumnya yang diperoleh dari mantan Kepsek SMPN 2 Ambon La Siteny menerangkan, pengusulan awal proyek RKB sesuai draf dan proposal yang diajukan sebesar Rp 7 miliar lebih dengan 18 RKB.

Namun yang disetujui sebesar Rp 3.273.795.000 dengan 11 RKB.

Ironisnya jerih payah mantan Kepsek SMPN 2 Ambon untuk mendapat bantuan RKB dan sudah mendapat persetujuan Kementerian Pendidikan.

Ternyata sudah ada skenario Walikota Ambon Richard Louhenapessy untuk menggantikan jabatan La Siteny dari jabatan Kepsek, dengan alasan sudah memasuki masa purnah bhakti sehingga tanggungjawab Kepsek diserahkan ke Gani Suad meskipun jabatannya terkesan dipaksakan Walikota lantaran tidak mengikuti proses asesmen sesuai dengan aturan ASN.

Bahkan dengan arahan Walikota, Konsultan maupun Komite sekolah yang tadinya telah dibentuk La Siteny pun turut diganti dengan yang lain. Alhasilnya proyeknya yang dikerjakan sudah tidak lagi sesuai dengan persetujuan Kementerian Pendidikan yang dari 11 RKB menjadi enam RKB dengan nilai tetap sebesar Rp 3,2 miliar lebih.

Bahkan sesuai aturan dalam peruntukan pengelolaan anggaran soakelola, Panitia komite hanya dijadikan sebagai boneka dalam menunjukan siapa yang akan bertanggungjawab atas proyek RKB, tetapi atas perintah Walikota sebagai upayah balas budi politik, proyek tersebut diserahkan ke Anwar yang merupakan orang kepercayaan dari Bos Mansyur Banda yang memiliki CV Naikela

Menyikapi hal ini sikap DPRD pun terkesan diam yang menurut informasi ada penekanan dari Ketua DPRD yang telah menginstruksikan komisi terkait untuk tidak membesarkan persoalan tersebut, tetapi dapat diatur secara kekeluargaan.

PROYEK DIBIDIK KEJATI

Informasi terakhir yang dihimpun N25NEWS.COM dari pengakuan La Siteny selaku mantan Kepsek SMPN 2 Ambon, bahwa dirinya telah didatangi Kasi Intel Kejaksaan Tinggi, selain silatuhrahmi   dirinya juga ditanya soal perjalanan proyek RKB  hingga mendapat persetujuan Kementerian Pendidikan, sebagai data awal untuk selanjutnya ditindaklanjuti dalam proses hukum dan jika terbukti ada indikasi korupsi pasti akan melibatkan orang banyak alias berjamaah.

Mengingat proyek tersebut masih dalam pekerjaan dan tidak terkesan memperhambat, pemeriksaan  baru akan dilakukan Kejaksaan jika pekerjaanya sudah mencapI 75-80 persen.

Selain La Siteny, Kabid Dikdas Dikor Kota Ambon Mery Mailuhu juga disebut saksi kunci dibalik adanya indikasi korupsi proyek RKB SMPN 2 Ambon namun dirinya juga telah mendapat tekanan dari Kadis Dikor Kota Ambon Fahmy Salatalohy yang melarang seluruh staf Dikor untuk tidak memberikan keterangan kepada pers, selain dirinya.

Namun kenyataan ketika awak media menemui Kadis Dikor di DPRD Kota Ambon juga terkesan menghindar seraya berkata No Coment soal proyek RKB SMPN 2 Ambon.

Oleh : Gali M

About admin

Check Also

Bantuan Bencana Alam Negeri Paperu Disinyalir Salah Sasaran

SAPARUA,N25NEWS.COM – Bantuan bencana alam dari Pemkab Maluku Tengah yang diberikan kepada sejumlah warga di …