Diduga, Terjadi Penyalagunaan ADD/DD Tahun 2019 Di Desa Kaibobo

AMBON,N25NEWS.com- Diduga kuat, terjadi penyalagunaan ADD/DD Tahun 2019 di Desa Kaibobu, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Dugaan itu, disampaikan Tokoh Mudah, Desa Kaibobu, Kecamatan Seram Barat, Kebupaten SBB, Mario Kakisina,
kepada media ini, via ponselnya, kemarin.

Mario menjelaskan, Dana Desa merupakan dana perimbangan antara Pemerintah Pusat (Pempus) dan Pemerintah Daerah (Pemda) yang bersumber pada APBN yang bertujuan menyelengarakan pembangunan, pemberdayaan serta pemberantasan kemiskinan di tingakat desa yang diatur dalam UU NO 6 Tahun 2014.

Dan, bila dilihat dari sisi baik sanggatlah bermanfaat bagi masyarakat bila pengunaanya tepat sasaran dan transpran di masyarakat.

“Tetapi kenyataannya, di Desa Kaibobo, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten SBB, terjadi kasus penyalagunaan ADD/DD Tahun Anggaran 2019, dimana salah satu progaram pemberdayaan petani yang dimuat dalam batang tubuh ADD/DD 2019 sangatlah tidak wajar,” kata Mario.

Dikarenakan, menurut Mario, pada Tahun 2019 ADD/DD dicairkan dalam program pengadaan anakan rambutan sebanyak 400 anakan dengan dana yang dialokasikan sebesar Rp 20 juta, tidak tepat sasaran.

“Tidak tepat sasaran, karena anakan rambutan tersebut tidak dibagi ke masyarakat hingga ramputan tersebut terjadi kering, lantasnya bagaimanakah pertangung jawaban pemerintah desa terhadap program tersebut ?,” tanya Kakisina.

Sehingga, kata Mario, dari kasus tersebut tejadi kerugian negara melalui dana ADD/DD yang bersumber dari APBN .

“Saya minta kepada yang berwenang yaitu Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku bagian Pinsus dan BPKD tolong segera melakukan pemeriksaan secara tuntas terhadap kasus tersebut,” desaknya.

Reporter :DIR

Editor : Redaksi

Check Also

Upacara HUT Ke-75 RI Di Inamosol Berlangsung Dalam Kesederhanaan

INAMOSUL,N25NEWS.com -Pelaksanaan detik detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 2020 sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. …