Breaking News

Dinsos KKT Launching Proyek Perubahan SPT Kube

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Dalam mengimplementasi hasil Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Pola baru tingkat III (DIklat PIM III) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Dinas Sosial KKT melakukan inovasi dengan meluncurkan kegiatan yang disebut Strategi Pengawasan dan Pendampingan Terpadu Dalam Pemanfaatan Bantuan Bagi Kelompok Usaha Bersama (SPT KUBE).

Proyek perubahan adalah salah satu kegiatian pembelajaran pada diklat kepemimpinan pola baru. Proyek perubahan merupakan inti dari diklat kepemimpinan pola baru karena merupakan wahana bagi peserta membuktikan penerapan kompetensi kepemimpinan.

“Melalui proyek perubahan diharapkan menghaslkan inovasi-inovasi baru yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas kinerja dari suatu organisasi dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berkualitas dan profesional.” Sebut Pendamping/Coach Proyek Perubahan Diklat PIM III, di Saumlaki belum lama ini.

Sebagaimana diketahui bahwa di Kabupaten Kepulauan Tanimbar )KKT) sudah 85-90% pejabat eselon III dan IV yang mengikuti diklat kepemimpinan, dengan demikian sudah banyak inovasi-inovasi yg dihasilkan oleh peserta dan alumni diklat kepemimpnan pola baru.

“Oleh karena itu, inovasi yang sudah dihasilkan tersebut untuk dilanjutkan dan terus dikembangkan. Oleh sebab itu dalam rangka keberlanjutan inovasi tersebut sangat dibutuhkan dukungan, baik pemerintah maupun stakeholder terkati, terutama jangka menengah dan jangka panjang.” kata Sonoto.

Sonoto juga berharap agar seluruh alumni dan peserta diklat PIM jangan pernah berhenti untuk berinovasi, sebaliknya budayakan dan kembangkan inovasi baru dalam setiap tugas dan tanggung jawab sebagai ASN untuk meningkatakan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, menurut Sekretaris Dinas Sosial KKT, Christian Fatlolon, launching implementasi proyek perubahan merupakan satu dari sekian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh reformers atau peserta pendidikan yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Sebagai salah satu syarat sebelum mengikuti seminar akhir yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Pengembangan SDM Provinsi Maluku.” jelas Fatlolon.

Beberapa Proyek Perubahan (Proper) yang sementara dilaksanakan salah satunya adalah Proper dengan judul SPT KUBE atau Strategi Pengawasan dan Pendampingan Terpadu dalam pemanfataan Bantuan bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di KKT.

Menurut Kace Fatlolon, sapaan akrab Sekretaris Dinas Sosial KKT, tujuan pelaksanaan launching propre tersebut untuk mengembangkan kompetensi taktikal pada pejabat administrator yang berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan.

“Meningkatkan kemampuan dan disiplin KUBE, sehingga mampu mengembangkan diri dalam berusaha, mengelola usahanya dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.” tandas Kace.

Kegiatan launching tersebut dihadiri oleh Widyaswara dari Balai Diklat Promal, Asisten Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan Setda KKT, pimpinan SKPD lingkup pemda KKT, dan stakeholder lainnya. Biaya pelaksanaan kegiatan tersebut berasal dari beberapa donatur dengan total dana sebesar Rp.65 juta.

 

About admin

Check Also

Kantor Bupati KKT Direnovasi, Aktivitas Pindah Ke Kewarbotan

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) terus berbenah dan memperbaiki penampilan wajah kota Saumlaki serta mencoba …