Breaking News

DIPA Untuk Tunjangan Khusus Dicairkan Bagi Guru Perbatasan

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-DIPA untuk daerah perbatasan diberikan tunjangan khusus dan tunjangan tambahan penghasilan,yang berasal dari Pusat untuk meningkatkan kesejahteraan para guru di daerah perbatasan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) Like Tan,saat memberikan keterangannya kepada N25NEWS.COM  via  Live Phone,beberapa hari lalu.

Lebih lanjut Like Tan mengatakan bahwa,”untuk para guru di MTB sekarang ini ada yang namanya tunjangan profesi guru dan itu biasanya besarannya satu kali gaji pokok dan biasanya dibayarkan setiap 3 bulan,”jelasnya.

Tunjangan penghasilan yang didapat sebesar  Rp.2.50.000,tetapi peraturan terbaru yang telah dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan,bahwa tunjangan itu hanya diberikan kepada guru-guru yang telah memiliki kualifikasi sarjanah atau S1,atauran tersebut telah berlaku pada bulan april 2018.

“Kami dari Dinas Pendidkan MTB ada mempunyai dana untuk menyekolahkan 200 guru dan kita menggunakan jalur Universitas Terbuka (UT),”katanya.

Sebenarnya para guru-guru tersebut akan dikirim ke Ambon untuk ada langsung dalam proses perkuliahan,tetapi jika guru-guru tersebut dikirim ke Ambon maka akan terjadi kekurangan guru di MTB,sedangkan jumlah guru di MTB masih kurang.

“Jumlah guru saya di MTB ada 1614,yang bersertifikasi ada 540 ini dirasa masih sangat kurang sebab di MTB ada ratusan desa yang hanya ada 1 guru yang bersarjanah sisanya guru tamatan SMA,”ungkapnya.

Ada juga tunjangan khusus yang diberikan kepada guru-guru di wilayah yang disebut 3T (Terluar,terdepan,Terpencil),dalam rangka meningkatkan sarana dan prasarana wilayah 3T tersebut,”di MTB ini masih perlu ditingkatkan kemampuan kompetensi guru,”tandasnya. Oleh : Aris Wuarbanaran

 

About admin

Check Also

LPDP Maluku Berpartisipasi Dalam THE 3RD EDUCATION EXPO 2019 UNPATTI

AMBON,N25NEWS.COM – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sebagai Badan Layanan Umum dibawah Kementerian Keuangan RI …