Breaking News

Dirjen Hubla Tinjau Langsung Pelabuhan Angkutan Mudik

AMBON,N25NEWS.COM –Setelah Kadis Perhubungan memimpin apel siaga Kesiapan Angkutan Laut Natal dan Tahun Baru 2019 belum lama ini, kini    giliran  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan RI Ir. R. Agus. H. Purnomo mengecek  secara langsung kesiapan pelabuhan angkutan mudik Natal dan Tahun Baru 2019.

Peninjauan tahun ini oleh Dirjen Hubla dipusatkan pada tiga pelahuam, termasuk pelabuhan Navigasi. Bahkan dalam kesempatan itu juga Purnomo berkesempatan meninjau kesiapan armada laut dalam hal ini KM Pangranggo yang kebetulan sedang bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso guna memastikan bahwa kapal tersebut laik mengangkut penumpang arus mudik, baik dari segi keamanan hingga sarana di kapal tersebut.

Dari rombongan Dirjen Hubla nampak terlihat didampingin Direktur Usaha Angkutan Kapal Penumpang dan Printis PT Pelni Pusat O.M Sodikin.

Sementara pantauan N25NEWS.COM. Senin(31/12) bahwa lokasi peninjauan dimulai dari lokasi pelabuhan   Gudang Arang, Navigasi, Yos Sudarso dan rencana selanjutnya  juga dilakukan pada Pelabuhan Slamet Riyadi dan Hurnala Negeri Tulehu Kecamatan Salahutu Maluku Tengah (Malteng).

Usai melihat secara dekat kesiapan pelabuhan dan kapal. Pada N25NEWS.COM mengatakan, selain pelabuhan di Ambon sebelumnya hal yang sama juga telah dilakukan di pelabuhan Bitung Manado.

Semua itu dilakukan dalam rangka monitoring angkutan Natal dan Tahun Baru 2019, baik itu di bandara dan pelabuhan-pelabuhan  yang ada diseluruh Indonesia.

“Kami juga punya program tiketing oneline, sehingga kedepan pelayanan di pelabuhan akan semakin membaik agar nantinya didesain penumpang tidak lagi perlu mengantri lama untuk mendapat tiket,”akui Purnomo.

Dikatakan, untuk memperoleh tiket nantinya disetiap pelabuhan akan disediakan fasilitas elektronik tiket, sehingga penumpang nantinya tinggal menunjukan bording pass langsung bisa masuk terminal transit di pelabuhan.

Sementara menyangkut dengan hasil peninjuan kata Purnomo, bahwa kondisi dan pelayanan di pelabuhan Ambon tahun sudah cukup membaik dan semuanya dapat teratasi dengan baik termasuk terminal penumpang, meskipun masih dalam keterbatasan tapi kerja sama pihak-pihak terkait kondisi itu dapat diatasi.

Untuk itu dirinya berharap agar para penumpang dapat mengetahui secara pasti jadwal kapal, dapat melihat kondisi cuaca, sebab apa keselamatan itu yang lebih diutamakan dalam pelayaran dan semua itu nantinya menjadi tanggungjawab pihak KSOP disetiap pelabuhan.

Penulis    : Gali M

Editor.     : Redaksi

About admin

Check Also

Far-Far,Permasalahan Pertanahan Di Maluku Cenderung Menimbulkan Konflik Kepentingan

AMBON,N25NEWS.COM-Permasalahan pertanahan dalam masyarakat sering dan cenderung terjadi dimana hal tersebut telah menimbulkan konflik kepentingan …