Home / Kota Ambon / Dishub Kota Ambon Akan Uji Coba Kapal di Dermaga Enrico
Plt Dinas Perhubungan Kota Ambon Roby Sapulette

Dishub Kota Ambon Akan Uji Coba Kapal di Dermaga Enrico

AMBON,N25NEWS.COM – Besok Dinas Perhubungan Kota Ambon akan menggelar rapat sementara terkait dengan pemilik kapal yang berlabuh di teluk Ambon.

kapal yang memiliki Bongkar muat 3 GT hingga 7 GT ini rencananya akan diuji coba di dermaga enrico.

Diakui oleh Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette pada wartawan saat di wawancarai di Ruang kerjanya,Kamis (22/02/18)

Ungkapnya, tujuan rapat ini untuk melakukan penambahan di pelabuhan rakyat enrico, karena dari KSOP sendiri sudah memberikan kewenangan untuk uji coba dan hasil uji coba akan disampaikan ke Jakarta dalam rangka penyerahan pelabuhan rakyat enrico kepada Pemerintah Kota Ambon untuk dapat di gunakan.

“memang rencana ini untuk spead boat dioperasikan di situ tapi ada masalah di bagian fasilitas yang membuat pelabuhan ini belum bisa di gunakan bagi masyarakat pengguna speed boat,” katanya.

Lanjutnya, pelabuhan rakyat ini diperuntukan untuk kapal barang sehingga dibangun ruang tunggu
dan dermaga harus difasilitasi sebelum di gunakan masyarakat Kota ambon.

makanya harus didispakan dulu kita dorong dalam APBD perubahan untuk kita uji coba untuk 3 GT hingga 7 GT.
Supaya pelabuhan rakyat ini dapat dioperasi dan menjadi syarat untuk penyerahan dari pempus kementrian perhubungan kepada Pemkot Ambon

“Pekan depan kita akan lakukan uji coba, karena pelabuhan rakyat enrico telah siap dari tahun 2014 tapi belum difungsikan,” tandasnya.

Karena kewenangan ada pada Pemkot Ambon terbatas untuk dermaga tersebut makanya, setelah bongkar muat kapal tersebut harus keluar dan kapal lain masuk.

“setiap kapal yang masuk harus membayar kepada Pemkot sebesar Rp 50 ribu untuk bongkar muat barang satu harinya,serta dalam Perda mencantumkan untuk tiket masuk pelabuhan akan dikenakan retribusi Rp 1000,” tutupnya.
(Grace Pello)

About admin

Check Also

Pemkot Gelar FGD Pantahelix

AMBON,N25NEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pariwisata Kota Ambon menggelar Forum Group Discusion …