Home / Pendidikan / Dispen Maluku : UN 2018 Capai Hasil Memuaskan

Dispen Maluku : UN 2018 Capai Hasil Memuaskan

AMBON,N25NEWS.COM – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, M.Saleh Thio  menyatakan secara umum progress ujian nasional di tahun 2018 Provinsi Maluku lebih intens dalam mencapai hasil Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

Kepada awak media dalam konferensi persnya, Rabu, (02/05) dikatakan Progress hasil UN di tahun ini terbilang memuaskan.

“Baik pada tingkat  SMA, SMK maupun MA Dengan bermodelkan pola Ujian Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) semua berjalan dengan baik dan lancar walau kita sadari masih ada hal-hal yang perlu kita sempurnakan pada tahun yang akan datang,” pungkasnya.

Saleh Thio menyebutkan, total peserta ujian nasional tahun ini berjumlah 31.342 siswa yang meliputi SMA, SMK dan MA. Khusus SMA dan SMK serta MA dari 31.342 siswa itu penyelenggaraannya di sekolah yang berjumlah 441 sekolah.

Dengan rincian di tingkat SMA, SMK dan MA jumlahnya 25.195 siswa yang terdiri dari peserta yang mengikuti  UNBK dan UNBK ini dilaksanakan oleh 82 sekolah SMA/MA sementara UNKP 250 sekolah, jumlah pelaksanaan ujian tingkat SMA/MA 332 sekolah sedangkan jumlah peserta ujian sekolah 8367 sementara UNKP berjumlah 16.828 ditingkat SMK.

Ditambahnya, Siswa yang mengikuti UNBK dan UNKP berjumlah 16.147 yang perinciannya untuk UNBK diselenggarakan di 62 sekolah, dengan jumlah pesertanya 4689 sementara di tingkat UNKP jumlah sekolah penyelenggara 47 sekolah dengan jumlah siswa 1458, tentunya nilai rata-rata UN tahun 2018 ditingkat SMA dan MA nilai rata-ratanya 46,45,SMK nilai rata-ratanya mencapai 51,19.

“Tentunya juga kita melihat perolehan nilai per mata pelajaran, untuk program IPA nilai tertinggi itu 92,50. Untuk hasil itulah SMA Negeri 1 Ambon lah yang mendominasi perolehan dalam berbagai kategori baik jurusan maupun mata pelajaran,” tandasnya.

“Namun, disisi lain ada bebrapa program yang berhasil diraih oleh beberapa sekolah lainya sehingga membuktikan adanya peningkatan daripada tahun kemarin,” tambahnya.

Sedangkan untuk Jurusan IPS menurut Saleh Thio mata pelajaran Sosiologi memperoleh nilai tertinggi dan peringkat  pertama berhasil diraih oleh SMA Kartika VIII Ambon dengan perolehan nilai 80, dengan urutan kedua diraih oleh SMA Negeri 1 Kei Kecil dengan nilai 80, dan urutan ketiga diraih oleh SMA Negeri Tanimbar Utara dengan nilai 76, disusul urutan ke empat diraih oleh SMA Negeri 1 Seram Barat dengan nilai 76, serta urutan kelima SMA N 1 Ambon nilai 74.(Aris Wuarbanaran)

About admin

Check Also

Pemkab MTB Biayai 150 Guru Kuliah S1 Di UT Ambon

SAUMLAKI,N25NEWS.COM – Pemerintah Daerah Maluku Tenggara Barat (MTB) telah menandatangani nota kesepakatan atau Memorandum Of …