Breaking News

Distribusi Belum Merata,Jumlah Tenaga Kesehatan di Puskesmas Maluku Masih Sangat Minim

AMBON,N25NEWS.COM-Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Provinsi Maluku terutama di daerah terpencil (Aru,MTB dan MBD) di bidang kesehatan  adalah pemerataan tenaga kesehatan di pelosok Maluku.

Tak sedikit Puskesmas yang di bangun didaerah terpencil,perbatasan dan dan kepulauan (DTPK).Sanyangnya pembangunan layanan kesehatan tidak berbanding lurus dengan ketersediaan tenaga kesehatan,masih banyak layanan kesehatan seperti tenaga kesehatan sangat minim sekali.Ambil contoh Aru,MTB dan MBD.selasa (15/1/2019).

Sebagaimana yang di sampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Meykal Pontoh ,Berdasarkan  data Dinas Kesehatan Provinsi Maluku hingga saat ini terdapat 208 unit Puskesmas,hal ini sangat ironis,tenaga kesehatan masih sangat minim,dengan demikian masih kurang dari 25 persen tenaga kesehatan yang dibutuhkan antara lain dokter umum dan dokter spesialis.

Sementara itu terkait dengan distribusi pemerataan tenaga kesehatan di daerah terpencil seperti yang di akui Meykal Pontoh,harusnya ada perhatian serius dari pemerintah daerah bahkan pusat.Memang betul ada program pemerintah tetapi dalam kenyataannya masyarakat di daerah terpencil belum semua merasakannya.

Memang pada kenyataannya pemerintah tidak dapat memaksakan tenaga kesehatan untuk berada di daerah-daerah yangsulitvdan terpencil,maka sudah barang tentu pemerintah seharusnya perlu adanya pola kontrak yang berkesinambungan sehingga masalah ketenaga kesehatan di daerah-daerah terpencil seperti Aru,MTB dan MBD dapat teratasi.

Penulis : Aris Wuarbanaran

Editor   : Redaksi

About admin

Check Also

BKKBN Maluku Gelar Kegiatan Peningkatan Dan Kompetensi Teknis Pengelola Data Informasi

AMBON,N25NEWS.COM-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Provinsi Maluku menggelar Kegiatan Peningkatan dan Kompetensi Teknis …