Breaking News
Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon,Wendy Pelupessy

Ditemukan 5 Kasus DBD Di Kota Ambon Masyarakat Diminta Waspada

AMBON,N25NEWS.COM-Demam Berdara (DBD) merupakan penyakit endemik yang sumbernya berasal dari pola hidup masyarakat yang tidak memperhatikan kebersihan lingkungannya,apalagi dengan adaanya musim panca roba yang hujan dan panas tidak menentu,menyebabkan genangan air dan sampah otomatis berpotensi menjadi sarang dan telur nyamuk.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon,Wendy Pelupessy,kepada N25NEWS.COM,saat ditemui di ruang kerjanya,rabu (16/1/2019).

Lebih lanjut Pelupessy mengatakan,”Jadi ketika terjadi hujan kemudian adanya panas otomatis air-air tergenang dengan berbagai sampah  seperti ban bekas,bekas botol-botol mineral itu tergenang dan menjadi tempat potensi dimana nyamuk itu bersarang dan bertelur serta menjadi dewasa yang menularkan penyakit DBD,”kata Pelupessy.

Oleh karena itu yang paling intinya adalah pencegahannya,bagaimana masyarakat harus selalu sigap dala membersikan lingkungan juga menjaga agar lingkungan itu tetap sehat yaitu dengan PSN (Pembersihan Sarang Nyamuk).Serta  3 M Plus (mengubur barang bekas,menutup tempat air yang biasa kita tampung dan kemudian membersikan.

Kemudian bak-bak mandi setiap 1 minggu 1 kali harus dibersikan,masyarakat pun harus selalu menaru bubuk abate ditempat-tempat tersebut,mengapa harus bubuk abate ? sebab dengan bubuk inilah agar nyamuk tidak bisa bertelur atau nyamuk tidak dapat hidup didalam bak air tersebut.

“Nah masyarakat harus betul-betul waspada sebab sampai hari ini sudah ada 5 kasus DBD dimana dari 5 kasus itu 2 kasus di Rumah Sakit GPM,kemudian 2 kasus lagi di RSU dan 1 kasus di RST,sedangkan untuk daerahnya adalah dari Lateri,Eri dan Galunggung,jadi penyebarannya dia tidak terlokalisir,”jelas Pelupessy.

“Dengan kondisi ini kalau misalnya terlokasir berarti nyamuknya hanya berputaran disekitar daerah itu,tapi ini kan sudah beberapa lokasi otomatis di Kota Ambon sudah bisa menyebar ke mana-mana oleh karena itu yang paling penting adalah pembersihan sarang nyamuk,”tandas Pelupessy

Penulis : Aris Wuarbanaran

Editor   : Redaksi

About admin

Check Also

BKKBN Maluku Gelar Kegiatan Penguatan Digital Leadership Dan Penguatan Forum Gendre Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2019

AMBON,N25NEWS.COM-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Maluku menggelar kegiatan Pengua Digital Leadership dan Penguatan …