Diversifikasi Pangan Mutlak Dilakukan Sebagai Sarana Promosi Pangan Lokal

AMBON,N25NEWS.com-Diversifikasi Pangan mutlak dilakukan dengan sebaik-baiknya,sebagai sarana untuk mempromosikan pangan lokal yang memiliki keunggulan dan cita rasa tinggi serta tidak kalah dengan makanan fast food yang tentu saja tidak sehat dan berpotensi memicu timbulnya berbagai penyakit degeneratif dan berbahaya lainnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku,Habiba Saimima,dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bidang Konsumsi dan Promosi Penganekaragaman Pangan, M. Arief Hussein pada acara Gerakan/Kampanye Diversifikasi Pangan Tahun 2019,yang berlangsung di Halaman Kantor Ketahanan Pangan Provinsi Maluku Waihaong Ambon,selasa (19/11/2019).

Lebih lanjut menurutnya,upaya percepatan pangan dan gizi dapat dilakukan melalui kegiatan kampanye diversifikasi pangan dan hal tersebut memerlukan dukungan dan kerjasama yang efektif antara berbagai pemangku kepentingan dan dunia pendidikan di mana anak-anak menjadi basik utama pembentukan karakter di dalam membangun rasa cinta terhadap pangan lokal.

“Keberhasilan program ini akan terukur dari semakin meningkatnya kualitas pangan di setiap individu termasuk anak-anak guna membentuk kualitas sumber daya generasi muda yang baik di masa kini dan masa mendatang”ungkapnya.

Baca juga :   Jasa Raharja Maluku Donor Darah Sambut HUT ke-59

Adapun,Peserta dari gerakan diversifikasi pangan ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari siswa – siswi dan para guru SD Inpres 19 Kota Ambon dan SD Negeri 69 Kota Ambon juga diikuti Anggota Sipil Negara dalam lingkup dinas ketahanan pangan provinsi Maluku.

“Saya berharap kita semua dapat mendukung program diversifikasi pangan baik dari sisi mikro ataupun dalam tataran maka melalui implementasi percepatan penganekaragaman pangan lokal di tingkat wilayah dan rumah tangga hingga perorangan”tandasnya.

Sementara itu,pada kesempatan yang sama Ketua Panitia kegiatan Gerakan/Kampanye Diversifikasi Pangan Provinsi Maluku,Elisabeth Tan mengatakan,tujuan dari pada kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran pangan dan partisipasi masyarakat,dalam mewujudkan pola konsumsi pangan yang beragam.

“Dengan demikian pangan yang bergizi, seimbang dan aman serta mengurangi ketergantungan terhadap bahan pokok beras, mendorong masyarakat agar mampu mengembangkan variasi pangan dan tidak tergantung pada beras, dan menyebarluaskan informasi tentang penganekaragaman pangan lokal,”tutupnya.

Reporter      : Aris Wuarbanaran

Editor          : Redaksi

 

Check Also

Rayakan Natal,AUKC Berbagi Kasih Dengan Anak Panti Dan Basudara Gandong

AMBON,N25NEWS.com-Amboina Ukulele Kids Community (AUKC) berbagai Kasih Natal bersama basudara gandong dan teman-teman Panti Asuhan …

×

N25NEWS.com