Dosen Prodi Keperawatan Masohi laksanakan Pengabmas PANDU Lansia di Negeri Mosso Malteng

MALTENG,N25NEWS.com – Dosen Program Studi Keperawatan Masohi, Poltekkes Kemenkes Maluku kembali melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengabmas) yang difokuskan pada Negeri Mosso, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku TengahKamis(19/9/2019) .

Kegiatan yang dilaksanakan adalah Pendampingan Kegiatan Pos Pelayanan terpadu Lanjut Usia (Posyandu Lansia) di dua posyandu yang baru terbentuk yaitu Posyandu Lansia Wae Bak dan Posyandu Lansia Wae Lisa. Posyandu lansia Wae Bak melayani lansia yang tinggal di RT.01 dan RT. 02, sedangkan Posyandu Lansia Wae Lisa melayani lansia di RT.03 dan RT.04.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan pengabmas yang bertajuk Pelatihan dan Pendampingan Kader Posyandu Lansia, sebagai bentuk realisasi dari Hibah Pengabmas yang diperoleh oleh dua orang dosen Prodi Keperawawan Masohi yaitu Ibu Dr. Saidah Rauf, S.Kep., M.Sc. dan Rigoan Malawat, S.Kep., M.Kes. melalui skema Program Pengembangan Desa Mitra.
Mendahului kegiatan pendampingan ini, pengabmas yang juga melibatkan mahasiswa dan alumni, telah melakukan kegiatan Pembentukan Posyandu lansia dan rekruitmen kader posyandu lansia, serta pelatihan kader posyandu (PANDU) lansia.

Kedua Dosen Program Studi Keperawatan Masohi memilih Negeri Mosso sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan Pengabmas dikarenakan desa ini merupakan salah satu desa yang telah ditetapkan oleh Ketua Prodi Keperawatan Masohi Bapak Irhamdi Achmad, S.Kep., Ns., M.Kep. sebagai desa binaan kampus.

Di sisi lain, hasil kajian tim dosen pengabdi menemukan bahwa desa ini memiliki jumlah penduduk lansia (usia di atas 59 tahun) yang cukup banyak yaitu mencapai 8% dari total jumlah penduduk. Penduduk pralansia (45 – 59 tahun) persentasinya bahkan hampir dua kali lipat jumlah penduduk lansia. Sementara itu, belum terbentuk posyandu lansia dan belum tersedia kader khusus posyandu lansia di desa dan terlatih.

Kepala Pemerintah Negeri Mosso bapak Samsul Hayoto, S.Pd. yang sejak awal mendukung kegiatan ini, turun langsung membuka dan memantau pelaksanaan kegitan Posyandu Lansia Perdana yang diselenggarakan di desanya ini.
Anggota Badan Saniri Negeri pun turut memantau pelaksanaan kegiatan Posyandu Lansia terutama menyaksikan keenam kader Posyandu lansia terlatih yang telah dipilih dan diangkat oleh Desa dalam melayani lansia yang hadir.

Kepala Puskesmas Tehoru, Zahir Makayaino, S.Kep. yang sejak mula bekerjasama dengan Tim pengabdi, mendukung sepenuhnya kegiatan Posyandu lansia.

Menurutnya kegiatan ini pengabmas Dosen Prodi Keperawatan Masohi ini sangat menunjang keberhasilan Program Puskesmas dan menginisiasi untuk penerapan sistem lima meja pada posyandu lansia. Demi mensukseskan kegiatan, Puskesmas Tehoru membawa obat-obatan, makanan tambahan bagi lansia, dan menurunkan sejumlah tenaga kesehatan yang bertanggung jawab dalam program lansia, Posbindu, dan Pengendalian Penyakit Tidak menular untuk ditempatkan khusunya pada meja 4 dan meja 5 dalam alur pelayanan kedua posyandu.

Dalam evaluasi kegiatan,kepala puskesmas menyampaikan bahwa kegiatan Posyandu Lansia Wae Lisa dan Wae Bak ini akan dijalankan rutin setiap tanggal 18 bulan berjalan sesuai dengan jadwal pelaksanaan Posyandu Bayi dan Balita yang telah lebih dahulu rutin terselenggara di desa ini.

Sesuai jadwal kegiatan Pengabmas, Dosen Pengabdi akan kembali melakukan pendampingan dan penguatan kader pada saat jadwal pelaksanaan kegiatan Posyandu di bulan Oktober 2019.

Saidah dan Rigoan berharap agar kegiatan Posyandu yang sudah dibentuk bersama Pemerintah Negeri dan Puskesmas dapat berjalan teratur sehingga tidak hanya meningkatkan cakupan layanan kesehatan di luar gedung puskesmas tetapi juga sebagai wadah untuk membentuk lansia di negeri Mosso yang sehat, aktif, mandiri,.dan produktif.

Editor :Redaksi

Check Also

Buka Kegiatan Advokasi Program KKBPK,Plt Kepala BKKBN Perwakilan Maluku Minta IBI Se-Maluku,LSM,TNI Dan Jurnalis Perbanyak Dan Tingkatkan Advokasi Program KKBPK

AMBON,N25NEWS.COM-Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Dra.Renta Rego mengharapkan semua pihak termasuk IBI Se-Provinsi Maluku,LSM,TNI …

×

N25NEWS.com