DPRD Buru Selatan Dukung Program KKBPK Di Daerahnya

AMBON,N25NEWS.com-Ketua DPRD Kabupaten Buru Selatan,Muhajir Bahta,Sip,mengatakan  DPRD Buru menyambut baik dan mendukung program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK),di daerahnya.

Menurutnya,program KKBPK merupakan program pemerintah,yang telah dirancang oleh pemerintah pusat,maka sudah barang tentu,program ini mesti diutamakan.

“Program KKBPK,telah masuk dalam RKPD dan RPJMD yang telah kami tetapkan di DPRD Bursel,sehingga program kerja Pemprov ini akan kami kombinasikan dengan program kami di tingkat kabupaten,”ungkap Bahta,kepada awak media saat ditemui dirinya di Marina Hotel Ambon beberpa waktu lalu.

Adapun,la menandaskan,sebagai wakil rakyat,maka sudah menjadi kewajiban untuk melakukan fungsi legislatif dalam penganggaran yang cukup bagi program Keluarga Berencana (KB).

“DPRD dalam melaksanakan fungsi budgetnya untuk menganggarkan anggaran untuk program pemerintah (KKBPK),akan di barengi oleh pengawasan dari kami,sehingga anggaran ini betul-betul bisa tercapai dan tepat sasaran,”ujarnya.

Selain itu,lanjut dia,budget yang di kucurkan oleh DPRD Bursel,atas usulan OPD terkait dengan mempertimbangkan rasionalisasi dalam kemampuan keuangan daerah,sehingga tidak lantas hanya diprioritaskan hanya untuk satu program saja,tetapi DPRD mengambil langkah bagi semua program yang ada pada RPJMD yang sudah di Perdakan dan di maksimalkan bagi APBD tahun berikutnya.

Dirinya sadar betul bahwa,selaku wakil rakyat dalam melaksanakan tugas pembuatan Perda tentang RPJMD yang didalamnya ada program KKBPK,yang telah dianggarkan dan tinggal bagimana pengeksekusi programnya tetapi dibarengi dengan pengawasan dari DPRD.

“Kami punya komitmen setiap tetesan uang rayat akan kami awasi,sebab kami dipilih rakyat,maka selaku pimpinan DPRD kita tetap pada on the trek guna memenuhi komitmen mengawal seluruh aktivitas pembendaharaan yang ada di Bursel,” katanya.

Adapun,program KKBPK termasuk program BKKBN juga merupakan visi-misi Bupati Bursel,Tagop Soulissa,itu telah dianggarkan,namun belum maksimal penganggarannya,sebab terbentur dengan beberapa hal yang salah satunya SDM,oleh karena itu DPRD akan tetap melakukan pengawasan di tahun-tahun mendatang,sebab pengawasan merupakan ikhtiar guna memastikan program KKBPK dan BKKBN berjalan maksimal dilapangan.

Untuk itu,kami tidak iginkan program yang telah ditetapkan bak program klining sevis yang hanya sebatas dibibir saja,sedangkan implementasinya tidak ada dan ini adalah bagian dari konsekwensi uang rakyat yang harus kami awasi.

Editor : Aris Wuarbanaran

Check Also

Macet Transportasi Laut di Bursel “Pemda dan PT. Bipolo Gidin Malah Cuek”

BURSEL,N25NEWS.com -Badan usaha milik daerah PT. Bipolo Gidin Kabupaten Buru Selatan harus mengacu pada Peraturan …

×

N25NEWS.com