Home / Parlementer / DPRD Ke Palestina Tidak Hambat Aktifitas Dewan,Afifudin : Mendingan Anggaran Dibangun Sekolah

DPRD Ke Palestina Tidak Hambat Aktifitas Dewan,Afifudin : Mendingan Anggaran Dibangun Sekolah

AMBON,N25NEWS.COM -Meskipun melibatkan 12 anggota DPRD bersama rombongan Walikota Ambon Ricard Louhenapessy ke Palestina, keberangkatannya tidak menghambat aktifitas dewan lainnya di DPRD. Meskipun demikian kata Sekretaris Komisi II DPRD Kota Ambon Rovik Afifudin meningan anggarannya diperuntukan untuk membangun sekolah-sekolah yang menggunakan atau menumpang di TPQ.

Kepada awak media di ruang Komisi II DPRD Kota Ambon, Rabu(28/11) Afifudin menuturkan, kalau keberangkatan beberapa anggota dewan kota ke Palestina, itu tidak  berdampak pada kinerja dewan lainnya yang ada saat ini, sehingga mereka tetap kerja sesuai tupoksinya masing-masing komisi.

“Jadi besok ini juga kami akan malakukan rapat komisi, terkait dengan persoalan yang ada menyangkut dengan masyarakat,”akuinya.

Untuk itu dirinya juga meminta peran media untuk bisa melihat secara langsung kondisi aktifitas dewan selama kunjungan rombongan Walikota dengan para anggota dewan ke Palestina.

Disinggung adanya keterlibatan Sekot dan pejabat Pemkot lainnya termasuk beberapa Kadis kata Afifudin, itu akan dievaluasi kembali jika kepergiannya tidak memiliki azaz manfaat bagi pembangunan Kota Ambon.

“Saya ingatkan kita dalam satu hal, kalau saya tidak inginkan setiap keberangkatan kita, baik itu Pemkot Ambon ke luar negeri dan ke  negara mana saja, jangan lagi pulang membawa beban ke APBD, seperti yang sudah dilakukan dalam beberapa kali kunjungan ke luar negeri.”usulnya.

Dimana manfaatnya hanya bisa berdampak pada segelintir orang, misalnya dalam kunjungan studo tour ke Australia yang tidak memiliki dampak untuk hajat orang banyak, sehingga terkesan hanya menghambur uang rakyat.

Sementara kalau mau dilihat banyak lembaga pendidikan yang masih membutuhkan uluran tangan dari Pemkot Ambon untuk bisa lebih diperhatikan

Ia mencontohkan, banyak pendidikan yang dibangun, tetapi sayangnya bangunan sekolahnya masih menggunakan bangunan TPQ dan SD dan itu terjadi pada SMP 24-25, bahkan itu bukan saja pada SMP tetapi juga pada bangun SD yang ditempati empat sekolah

Sememtara Pemkot dengan biaya perjalanan miliaran rupiah itu seenaknya aja dihambur-hambur untuk jalan-jalan keluar  negeri yang belum tentu memiliki azaz manfaat bagi pembangunan dan kemajuan Kota Ambon.

Untuk itu Afifudin kembali mengingatkan Pemkot agar kalau melakukan berpergian ke luar negeri dan kembali jangan lagi membebankan pada APBD dan meskipun itu bisa dampaknya bisa bermanfaat untuk kota Ambon, sehingga peruntukam anggarannya tidak sia-sia diamanfaatkan.

Terlepas dari apa yang disampaikan Afifudin dari berbagai informasi yang berhasil dihimpun koran ini di DPRD bahwa selain pengakuan Ketua DPRD Kota Ambon  J Matitta kalau semua anggaran perjalanan rombongan Walikota dan DPRD semuanya menjadi tanggungjawab Pemkot.

Namun anehnya alokasi anggaran tersebut tidak ada dalam pembahasan rapat pleno DPRD dengan Pemkot.

Bahkan keberangkatan rombongan ke Palestina juga tidak termasuk dalam agenda Pemkot, sebab keberangkatannya merupakan undangan dari pemerintah kota Palestina. Namun yang menjadi pertanyaan apakah undangan itu juga ditujukan ke anggota DPRD sebab hingga saat ini berdasarkan informasi kalau belum ada surat  undangan resmi dari Pemerintah Kota Palestina.

Ataukan ini hanya akal-akalan Walikota mengikut sertakan anggota DPRD dengan sengaja menutupi atau menghindar dari pengusutan DPRD terhadap anggaran ke Palestina, sehingga secara tidak langsung fungsi dan tanggungjawab DPRD dengan sendirinya terkesan tutup mata.

Oleh : Gali M

About admin

Check Also

Soal Pembangunan Rumdis DPRD SBB, Rotasouw Memilih Prioritaskan Kepentingan Rakyat

PIRU,N25NEWS.COM  –  Pembangunan Rumah Dinas (Rumdis) untuk pimpinan maupun anggota  DPRD Kabupaten SBB, meskipun dinilai …