Home / Kota Ambon / DPRD Minta PLN Tidak Padam Selama Bulan Suci Ramadhan
Komisi II DPRD Ketua Komisi II, Jhony Mainake

DPRD Minta PLN Tidak Padam Selama Bulan Suci Ramadhan

AMBON,N25NEWS.COM – Komisi II DPRD Kota Ambon meminta pihak PT PLN (Persero) Area Ambon untuk  tidak melakukan pemadaman selama bulan suci Ramadhan.

Hal tersebut menginat umat muslim khususnya di Kota Ambon selama menjalan ibadah puasa, merasa tidak tergganggu dengan sistim kelistrikan, baik diwaktu malam maupun siang hari, sehingga ibadah yang dilaksanakan dapat berjalan dengan khusu dan lancar. Demikian permintaan disampaikan Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon Jhon Mainake pada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin(14/5)

“Berhubung dengan sering terjadinya pemadaman dalam waktu beberpa hari ini, meskipun pemadaman terencana maupun tidak, namun  kini kan sudah masuk H-1 memasuki bulan suci Ramadhan, selaku ketua Komisi II DPRD meminta agar pihak PLN khususnya Area Ambon agar dapat memperkecil kegiatan pemadaman, sehingga bisa memberikan rasa nyaman kepada umat muslim, pemadaman kalau bisa ditiadakan dulu,”pimta Mainake.

Untuk itu pihak PLN harus bisa menjamin kenyamanan umat Islam  yang nantina akan  melakukan ibadah puasa,  dengan tenang selama satu bulan kedepan.

Pihak PLN juga diminta dapat menertibkan seluruh sistim kelistrikan di Kota Ambon, meskipun diketahui  bahwa konsisi daya mampun yang dihasilkan mesin Kapal Pembangkit Listrik Karadeniz atau Karadeniz Powership Yasin Bey Marine Vessel Power Plant (MVPP) berdaya 120 megawatt, telah terjadi surplus daya, namun pemadaman juga sering terjadi baik secara terencana maupun tidak.

“Kita tahu saat ini ada terjadi surplus daya pada sistim Ambon, tapi yang terjadi pemadaman itu pasti lari ke sisitim jaringan, nah kalau kaitan dengan jaringan itu berarti, mustinya itu didalam area pusat kota itu ganguanya tidak sama dengan daerah pinggiran kota yang mana jelas banyak ganguan jaringan penyebabnya  bisa saja akibat kelelawar atau pohon tumbang , yang secara kasa mata kita itu juga dapat menggan ggung sistim jaringan PLN,”ujarnya.

Baca juga :   DPRD Bersama Pemda dan Tim Anggaran Bahas Hutang Daerah

Untuk dirinya sangat mengaharapkan pihak PLN , khusus dipusat Kota Agar selama bulan suci Ramadhan , benar-benar PLN dapat bisa menjamin tidak ada lagi gangguan yang menyangkut dengan pemadaman listrik, sehingga selaku komisi II yang berkaitan dengan mitra BUMN dalam hal ini PLN Area Ambon , bisa lebih serius memperhatikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Emang saat ini daya PLN ada kelebihan daya, sehingga tidak ada pemadaman akibat kekurangan daya, sehingga menjelang bulan suci Ramadhan ini, lalu PLN melakukan   pemadaman dengan alasan perluasan jaringan atau pemeliharaan sehingga menjadi terganggu dan kalau memang ada kegiatan tersebut PLN harus betul-betul memperhatikan untuk jangan sampai terganggu suplay listrik untuk basudara-basudara kita yang sedang melaksanakan puasa,”harapnya.

Khusus untuk tim P2TL yang sering melakukan opal, Mainake juga minta kepada pihak PLN agar selama bulan suci Ramadhan juga dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi, meskipun dari sisi aturan itu merupakan kewengan PLN tetapi dari sisi kemanusiaan PLN juga harus bisa memberkan toleransi hingga selesainya pelaksanaan ibadah puasa selama kurun waktu satu bulan.

“Kadang-kadang dalam memasuki bulan suci Ramadhan, masyarakat kita khususnya di Kota Ambon membutuhkan suasana yang tenang, kondusif sehingga   harus ada kebijakan-kebijakan PLN jangan ansi hanya berdasarkan aturan tetapi harus melihat konsisi yang ada, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dilapangan.

About admin

Check Also

Persoalan Status Negeri Lokki, Maspaitella Mintakan Ketua Banleg DPRD SBB diGantikan.

SBB,N25NEWS.COM – Perdebatan soal Ranperda untuk menetapkan status negeri yang dibuat oleh Anggota DPRD SBB …