DPRD Provinsi Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Kata Akhir Fraksi-Fraksi

DPRD Provinsi Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Kata Akhir Fraksi-Fraksi

AMBON,N25NEWS.com-DPRD Provinsi Maluku menggelar Rapat Paripurna DPRD,dalam rangka penyampaian kata akhir Fraksi-fraksi terhadap Ranperda tentang rencana pembangunan jangka menegah (RPJMD) Provinsi Maluku,tahun 2019-2024,yang berlangsung di ruang rapat paripurna DPRD Promal,kawasan Karpan Ambon,senin (4/11/2019).

Adapun hadir dalam kegiatan tersebut,  Sekda Provinsi Maluku, . Ketua DPRD Provinsi Maluku, . Para Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Pa Ahli Bidang OMSP Pangdam XVI/Ptm (Kolonel Inf Ajad Waluyo), . Kepala Bidang Keuangan Polda Maluku, Seluruh Anggota DPRD Provinsi Maluku,Pimpinan SKPD Provinsi Maluku.

Sementara itu,rapat paripurna dipandu oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku,Abdulah Azis Sangkala yang kemudian memberikan kesempatan kepada setiap Fraksi untuk menyampaikan pendapat kepada pemerintah daerah tentang RPJMD Tahun 2019 – 2024.

Pada kesempatan itu,Ketua Fraksi PDI.Perjuangan memberikan pendapa yakni diharapkan kepemimpinan Gubernur Maluku agar membawa visi Maluku bisa maju dan berkembang serta RPJMD dapat mengarah tepat sasaran yakni melakukan reformasi birokrasi dan memetakan kantong-kantong kemiskinan agar selalu diperhatikan untuk 5 tahun kedepan sehingga  angka kemiskinan di Maluku berkurang.

Selain itu,Fraksi PDI Perjuangan mendukung pemerintah Provinsi Maluku untuk menyuarakan aspirasi masyarakat Maluku terkait dijadikannya Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional dan mendukung PI 10 persen dari hasil Blok Masela Untuk Provinsi Maluku dan Fraksi PDI.P menerima RPJMD untuk dijadikan rancangan peraturan daerah Provinsi Maluku tahun 2019 – 2024.

Sedangkan kata akhir fraksi Perindo,PAN dan Partai Berkarya yakni,ketiga fraksi ini sadari bahwa batasan waktu dalam membahas RPJMD sangat terbatas dalam peraturan daerah ini sehingga dalam waktu singkat bisa mendapatkan hasil yang baik untuk membahas Perda ini dan berkat dukungan atas dasar kesadaran yang baik antar sesama anggota DPRD.

Adapun,RPJMD Tahun 2019-2024 telah selesai di bahas dan sudah menjadi final untuk dimajukan ke sidang paripurna dan dijadikan sebagai peraturan daerah (Perda) provinsi Maluku.

Sementara dari kata akhir dari fraksi Demokrat dan Partai Nasdem yakni,lebih optimis RPJMD merupakan dokumen untuk jangka waktu 5 tahun dengan visi dan misi serta pedoman pada RPJMD provinsi Maluku  menjadi tolak ukur untuk pembangunan maluku dalam 5 tahun kedepan.

Sedangkan pendapat dari Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yakni, Perlu diperhatikan ada beberapa daerah seperti MBD, Kepulauan Aru dan ada beberapa daerah lain yang merupakan daerah penyumbang kemiskinan di Maluku, dan daerah daerah ini harus diperhatikan. Meminta agar Blok Masela segera dioperasikan sesuai dengan kesepakatan karena dapat memajukan pertumbuhan ekonomi masyarakat Maluku.

Sementara itu,pendapat dari juru bicara Fraksi Golkar yakni,refitalisasi infrastruktur dan pengembangan pembangunan jangka menengah harus diperhatikan.Pemprov memperhatikan ada beberapa daerah yang bisa dijadikan sebagai tempat Wisata Sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat tempat tersebut dan P.Golkar menyatakan menerima RPJMD Promal tahun 2019-2024.

Sedangkan pendapat dari Fraksi Gerindra adalah,pemindahan Ibukota ke Pulau Seram harus direncanakan dengan matang.P.Gerindra juga menerima RPJMD untuk dijadikan rancangan peraturan daerah provinsi Maluku tahun 2019-2024.

Sementara,pendapat dari Ketua Fraksi Hanura adalah,program penanggulangan kemiskinan di Maluku harus diperhatikan dan juga memperhatikan kebijakan ekonomi di wilayah perbatasan serta memperhatikan wilayah batas Provinsi agar kedepan tidak menjadi permasalahan dan F.Hanura juga menerima RPJMD provinsi Maluku tahun 2019-2024.

Pendapat dari juru bicara Fraksi Pembangunan Bangsa (PPP & PKB) adalah, Fraksi Pembangunan bangsa menilai bahwa apa yang direncanakan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur melalui visi misinya dapat memajukan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat Maluku dan F.PPP dan PKB menerima RPJMD Provinsi Maluku tahun 2019-2024.

Sementara itu,dalam sambutan Gubernur Maluku,Irjen Pol Drs.Murad Ismail,yang dibacakan Seda Provinsi Maluku,Kasrul Selang,yang mengatakan rancangan RPJMD ini setelah ditetapkan sebagi peraturan wilayah yang dicantumkan dalam rencana pembangunan yang strategis sehingga pemerintah daerah akan menyesuaikan dengan pemerintah provinsi.

“Menyikapi pembangunan yang kita sikapi bersama maka salah satu misi yaitu kita akan menurunkan garis kemikinan karena kita mempunyai sumber potensi alam yang sangat baik dan sebagai bentuk bahwa kita terdiri dari bentuk kepulauan,”tandas Gubernur Maluku.

Dengan demikian Gubernur berharap, Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyampaikan kata akhir dari Fraksi-fraksi terkait Rencana Pembangunan jangka menengah daerah Provinsi Maluku maka seluruh program kerja Pemerintah Provinsi Maluku dapat memajukan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan serta dapat mensejahterakan masyarakat Maluku.

Reporter    : Aris Wuarbanaran

Editor       : Redaksi

 

 

Check Also

43 Anggota DPRD Provinsi Maluku Dilantik

AMBON,N25NEWS.com-Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah janji dalam rapat paripurna hanya diikuti oleh 43 anggota dewan …

×

N25NEWS.com