Breaking News

DPRD Uji Publik Ranperda Ambon Kota Kreatif Berbasis Musik

AMBON,N25NEWS.- Panitia khusus (Pansus) I DPRD kota Ambon melakukan uji publik terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Ambon kota kreatif berbasis musik.

Dimana Ranperda tersebut merupakan usulan dari pemerintah kota (Pemkot) Ambon dalam hal ini dinas Pariwisata.
Uji publik yang berlangsung di ruang sidang paripurna DPRD Kota Ambon, Rabu(8/5) dipimpin langsung Ketua Pansus I Christian Latumahina dengan menghadirkan pelau usaha dan stakeholder yang terkait dengan musik.
Latumahima dalam kesempatan itu mengungkapkan, bahwa dalam rangka mendorong peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan rakat, perlu pengembangan ekonomi Kreatif secara menyeluruh dan terpadu melalui musik sebagai salah satu potensi peningkatan ekonomi masyarakat.

Dimana masyarakat kota Ambon memiliki potensi musik sebagai aktivitas kreatif yang dapat dihasilkan untuk pengembngan ekonomi masyarakat.
Selain itu,. Untuk mencipatakan kepastian hukum dan mengisi kekosongan hukum perlu adanya pengaturan melalui peraturan daerah yang berkaitan dengan Ambon sebagai kota kreatif berbasis musik.

Menurutnya, dengan adanya Perda tentang Ambon kota musik, ini bagian dari upayah pengembangan ekonomi kreatif masyarakat yang dilakukan secara menyelurih dan terpadu untuk menciptakan hasil kreativitas yang dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pengembangan ekonomi kreatif secara filsofit dan konstitusional yang diatur secara jelas merupakan hak asasi manusia sebagaimana diatur dalam UU.

Musik dan Ambon kata Latumahina, keduanya tidak dapat dilepas pisahkan. Musik telah menjadi nadi pergerakan sebuah kota yang dikenal dengan julukan Ambon Manise karena intuisi bermusik secara lahiriah sudah melekat didalam nadi darah orang Ambon yang memiliki DNA bermusik, dimana DNA merupakan jaringan pembawa genetik pada sel setiap makhluk hidup.

Musik bukan saja bagian dari seni tetapi telah menjadi budaya orang Ambon sebagai representase orang Maluku, sehingga hal tersebut dapat terlihat munculnya sejumlah penyanyi asal kota Ambon yang telah mengharumkan nama Indonesia dan dunia internasional diberbagai lomba tarik suara, sehingga hal tersebut sudah harus menjadi perhatian pemerintah dengan membentuk perda tersebut.

Reporter : Rohim

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Frans : Pelanggaran Pemilu Sedikit Saja,Itu Bagaian Dari Kejahatan

  AMBON,N25NEWS.COM-Komisi A DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat dengar pendapat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) …