Home / Ekonomi / Dukung Proyek Pembangkit 35000 MW, PLN UIP Ekspansi 120 MW PLTMG dan PLTP

Dukung Proyek Pembangkit 35000 MW, PLN UIP Ekspansi 120 MW PLTMG dan PLTP

AMBON,N25NEWS.COM – Sebagai  bentuk dukungan terhadap program pemerintah Joko Widodo dalam mega proyek 35.000 Megga Watt (MW), PT PLN Unit Induk Pembangunan Maluku ekspansi 120 MW lewat proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) dan  Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bum (PLTP).

PLTMG dan PLTP merupakan salah satu bagian dari program pemerintah pada proyek 35.000 MW yang berada dibawa pengawasan PT PLN UIP Maluku yang  nantinya akan dikerjakan berdasarkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL).

Khusus untuk proyek PLTP dengan kapasitas 2 X 10 MW yang berada dilokasi desa Tulehu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) sesuai RUPTL rencana operasinya akan ditahun 2020. Demikian hal ini disampaikan Deputi Manager (DM) PLN UIP Maluku Dominggus Parury, pada koran ini di Ambon, Jumat(27/4/2018).

Sementara untuk proyek PLTMG kata Parury, merupakan proyek yang sementara sedang berjalan dalam bentuk pengeboran atau explorasi yang telah ditangani pihak kontraktor yang berdasarkan tender dimenangkan oleh PT Haliburton Service Indonesia.

Dikatakan, dari 100 MW yang nantinya akan dihasilkan PLTMG bukan hanya dipusatkan di Pulau Ambon tetapi juga pada Kabupaten lainnya seperti, PLTMG Seram Peaker dengan kapasitas 20 MW, PLTMG Langgur, PLTMG Saumlaki, PLTMG Dobo yang masing-masing berkapasitas 10 MW, sedangkan PLMTG Ambon sendiri yang berada dilokasi antara Desa Suli dan Tulehu berpasitas 30 MW.

“Jadi untuk pekerjaan explorasinya sumur panas bumi, sudah terdapat empat lobang yang sudah selesai dikerjakan. Selanjutnya hasilnya nanti akan dibawa ke Jakarta untuk dibuat laporan finalisasi dalam menentukan rencana pembangkit yang sesuai dengan type hasil sumur panas bumi di Tulehu,”jelasnya.

Selain sistim pembangkitan, PLN UIP Maluku juga akan membangun jaringan kelistrikan dengan Sistim Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV dijalur Passo-Wayame, termasuk juga pada lokasi di Kecamatana Sirimau Kota Ambon.

Bahkan untuk mendukung pertembuhan ekonomi khususnya diwilayah Hative Besar/Wayame dalam memperkuat sistim kelistrikan, PLN UIP akan menambah satu Gardu Induk (GI)  150 KV termasuk Gas Insulated Switchgear (GIS) KV di lokasi Passo.

sementara dua GI yang sudah beropeperasi melalui jaringan transmisi tegangan tinggi 70 KV yang dihasilkan Kapal Pembangkit Listrik Karadeniz atau Karadeniz Powership Yasin Bey Marine Vessel Power Plant (MVPP) berdaya 120 megawatt yang telah beroperasi sejak 1 April 2017 kemarin, terdapat dilokasi Passo dan Arbes desa Batumerah Kota Ambon.

“Perhatian dan dukungan pada penyelesaian proyek PLTMG di Maluku sesuai target sangat penting dilakukan, untuk menambah pasokan daya dan kendalan system tenaga listrik dimasing-masing Kabupten/kota di Maluku, juga untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian,”ujarnya.(IM)

About admin

Check Also

Pemprov Maluku Dapat Jatah 302 Orang Dalam Penerimaan CPNS 2018

AMBON,N25NEWS.COM – Pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional sudah mulai dilakukan tanggal …