Home / Kab.MBD / Ekosistim Laut Darat Pulau Romang Tercemar Kandungan Merkuri
Pakar Lingkungan Hidup dan Guru Besar Universitas Pattimura Ambon,Prof.Agus Kastanya

Ekosistim Laut Darat Pulau Romang Tercemar Kandungan Merkuri

AMBON,N25NEWS.COM-Masyarakat di Pulau Romang Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)selama ini telah memperjuangkan daerahnya agar terbebas dari bahaya pencemaran Merkuri,yang mana kandungan merkuri ini telah tercemar baik untuk ekosistim laut maupun di darat.

Hal tersebut disampaikan Pakar Lingkungan Hidup dan Guru Besar Universitas Pattimura Ambon,Prof.Agus Kastanya kepada awak media saat ditemui di Kantor Gubernur Maluku,rabu (30/5/2015).

Lebih lanjut Kastanya mengatakan data analisis dari pihak Universitas Pattimura dan ternyata sudah ada potensi merkuri dan hasil penelitian ini bukan merupakan rekayasa tetapi ini terbukti dengan ditemukan kandungan merkuri yang terdapat pada kuku dan rambut masyarakat setempat.

“Memang ada perbedaan dengan penelitian awal yang seakan-akan tidak ada merkuri,tetapi data dari Unpatti ternyata ada kandungan merkuri, walaupaun kandungannya lebih rendah,”jelas Kastanya.

Dalam beberapa titik kandungannya lebih dari dari batas minimal,dan ada kandungan merkuri yang tinggi dalam kandungannya.Masyarakat jangan samapai tutup mata mengenai hal ini karena sudah ada dampaknya  yang mana masyarakat menjadi korban.

Untuk itu kita jangan berpolimik,sebab penelitian yang dilakukan itu tanpa rekayasa terbukti dari hasil penelitian sudah ada merkuri dalam tubuh manusia,”dengan demikian Pemerintah harus betul-betul serius melihat permasalahan ini,kesekatan dan kesejahteraan masyarakat harus di jamin,”tandasnya.

 

About admin

Check Also

Masyarakat Adodo Fordata Dambahkan Signal HP

LARAT,N25NEWS.COM-Masyarakat Desa Adodo Fordata di kecamatan Yaru Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) sangat mendambahkan adanya …