Breaking News

Ekspor Maluku Naik 10 Juta US Dolar,Namun Aneh Tak Ada PAD

AMBON,N25NEWS.com-Nilai ekspor Maluku yang baru bergerak di awal tahun 2018,namun mengalami peningkatan yang sangat signifikan,dimana nilai ekspor yang hanya 200 US dolar naik menjadi 10 juta US dolar.

“Kita memang baru bergerak dari awal tahun 2018,namun ternyata ekspor kita meningkat signifikan yang tadinya hanya 200 US dolar jadi 10 juta US dolar,tetapi anehnya kita kok tidak ada PAD nya,”ungkap Kepala Kanwil DBJD Wilyah Maluku dan Maluku Utara,Finari Manan kepada awak media di sela-sela HUT ke 73 Bea Cukai,senin (7/10/2019).

Menurut Finari,dengan tidak adanya Pendapatan Asli Daerah (PAD) maka sudah barang tentu kesejahteraan rakyat Maluku sama sekali tidak terlihat,hal ini sungguh ironis,dimana Maluku terus menunjukan tren kenaikan ekspornya.
“Memang PAD telah menjadi evaluasi kami,sebab produk-produk Maluku itu di ekspor lewat tempat lain,seperti dari Surabaya dan Jakarta,maka kita tarik semua itu,agar ada devisa untuk Maluku,”jelas Finari.

Baca juga :   Menkes RI Berikan Nama RSUP dr.J.Laimena,Gubernur Maluku Sampaikan Apresiasi

Ia menandaskan lagi,produk Maluku harus menjadi modal utama demi kesejahteraan masyarakat,maka otomatis salah satunya dengan di ukurnya PAD yang menjadi tugas pemda dan jajarannya untuk memformulasikan PAD.

“Di formulasikan PAD ini,supaya dengan cepat kita peroleh,ini adalah salah satu untuk mengukur kesejahteraan di Maluku,”tutur Finari.

Adapun,kata Finari produk-produk seperti,udang,ikan,rempah-rempah,damar,mutiara dan rumput laut itu di ekspor lewat daerah lain bukan dari Maluku,padahal produk-produk tersebut adalah produk dari Maluku.

“Untuk itu,saya berharap ini adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama,baik Bea Cukai,gubernur dan semua jajarannya untuk dapat memformulasikan PAD ini agar berdampak bagi kesejahteraan masyarakat Maluku,”tandas Finari Manan.

Reporter : Aris Wuarbanaran

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Warga Ngelu,Posko Kesehatan Unidar Tulehu Berlakukan Pelayanan Pra Bayar

AMBON,N25NEWS.com –  Warga korban terdampak gempa mengeluh terhadap pelayanan posko kesehatan Rumah Sakit Darurat Dr …

×

N25NEWS.com