Breaking News

Pembangunan Desa Namsina Mulai Dibenahi

NAMLEA,N25NEWS.com -Proses Pembangunan diDesa Namsina mulai di benahi. Kehidupan keseharian masyarakat setempat bertani dan penyulingan miyak kayu putih tetapi dalam tahapan kerja Desa mereka saling bergotong-royong.

Pejabat Desa Namsina M.Yasin Laitupa, kepada media ini Sabtu kemarin, menegasakan, dalam prospek posotif untuk Desa sudah tentu kita rembuk bersama warga. Dasar mufakat bersama itu lah yang menjadi perioritas karna itu sudah menjadi ketetapan musrembang Desa yang sudah tertuang dalam RAPBDes.

“jadi saya cuman menjalani RAPBDes yang sudah tertuang sejak Januari lalu, 6 bulan saya dilantik sebagai pejabat sementara (PJS) Desa ini, saya juga telah evaluasi. Namun yang menjadi kendala Desa saat ini tempat pemakaman umum, Olehnya itu kami pemerintah Desa telah melakukan koordinasi dengan tokoh Adat, tokoh Agama guna untuk berkordinasi dengan pemilik lahan.

Dia juga mengatakan, Dalam tahun ini Ada beberapa program Desa yang akan di kembangkan yakni peningkatan sumberdaya apartur Desa yang bermutu dalam penguasaan ITE dan pengembangan tehnik mesin jahit dalam waktu dekat kami akan mengutuskan beberapa orang dalam mengekuti pelatihan di kabupaten setelah kembali mereka akan dimodali untuk mengembang usaha mereka, Desa juga akan memberdaya mereka lewat dana desa untuk dapat mengurangi angka pengangguran diDesa dan ada program lain juga yang akan kita kembang.

Disinggung soal pengadaan lampu jalan, sang kades mengakui, kalau lampu jalan tenaga surya juga bagian dari prioritas kebutuhan Desa yang sudah tertuang dalam program tahun ini sebanyak 15 unit, 5 unit untuk Dusun Waelese dan 10 unit untuk Desa Namsina

” tapi kami masih menunda pembelian dan menunggu adanya panggilan DPRD terkait pembelian lampu jalan yang tidak susui spec, karna akhir-akhir ini sudah menjadi etensi publik perbincangan media baik itu Online maupun Cetak memuatkan berita terkait pembelian lampu jalan yang menguras Dana Desa (DD) jadi kita menunggu panggilan DPRD dan saya juga berharap agar Dinas teknis dalam hal ini PU dalam pembagian satuan harga lampu jalan bisa diberikan kepada kami sebagai penanggung jawab anggaran sehingga kita menggunakan pembelanjaan tidak bertentangan dengan harga yang ditetapkan,” jelasnya.

Olehnya itu, dalam pengadaan lampu jalan tenaga surya, kami sangat berhati-hati ditakutkan lampu yang kami belikan tidak sesuai standar pengadaan barang dan jasa karna uang yang kami kelolah adalah uang rakyat tapi semua itu punya mekanisme salah digunakan resikonya berakibat fatal,” indusnya.

Reporter : Kiswan

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Tomu: Peningkatan Kapasitas Pendidik Dalam Menghadapi Era Digital

NAMLEA,N25NEWS.com -Pogram penguatan kapasitas Kapala Sekolah Menengah Atas di era digital untuk memenuhi standar manejemen …