Breaking News

Empat SLB Di Maluku Belum Di Fungsikan

AMBON,N25NEWS.COM –   Ada empat sekolah Luar Biasa (SLB) di Maluku yang dibangun oleh pemerintah Daerah (Pemda) dengan memakai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), yang dibangun sejak tahun 2011 namun sampai saat ini belum juga difungsikan.

“Empat SLB yang dibangun Pemda itu sejak tahun 2011, Anggarannya itu oleh APBD tapi belum difungsikan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK ) Provinsi Maluku, Jahja S Baljanan kerjanya, (9/4/2019) belum lama ini,

Untuk diketahui empat SLB yang belum juga difungsikan yang berada di Maluku maraknya di tiga kabupaten dan satu kota, yakni, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dan Kota Tual.

Kabid PKLK ini juga telah desak Pemerintah Provinsi (Penprov) Maluku, dan koordinasi dengan Kementrian Pendidikan Pusat (Kemenpus) untuk segera fungsikan bangunan ini.

“Empat bangunan ini kan belum difungsikan makanya saya desak pemerintah provinsi dalam hal ini dinas dan koordinasi dengan Kementrian pendidikan pusat. kita bicara bagaimana untuk bangunan ini yang menghabiskan anggaran sekian banyak dari APBD ini kan segera harus difungsikan agar tidak mubazir,” paparnya.

Namun saat ditanya wartawan berapa jumlah APBD untuk bangunan SLB di tiga kabupaten dan satu lagi di Kota Tual, ia membeberkan, bahwa dia baru saja menjabat dua tahun namun tidak tau berapa jumlah APBD yang diberikan untuk bangunan tersebut.

“Kalau bicara anggaran, jujur saya tidak mengetahui, karena saya juga baru menjabat sebagai Kabid PKLK Maluku baru 2 tahun, bahkan keempat SLB dibangun itu, zamanya pa Minggus Patty,” ujarnya.

Lanjut Kabid KPLK ini, bahwa didalam pasal undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang desabilitas, yang di dalam uraian tertulis di pasal 1 dan 4 untuk hal ini.

“Pasalnya, sekarang ini kan, sudah ada UU Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Desabilitas. Dan dalam uraian pasal-pasal itu kan jelas, yakni pasal 1 dan 4 itu kan jelas,” ungkapnya

Ia juga berharap untuk nantinya Irjen Pol ( Purn) gubernur terpilih Murad Ismail, ketika resmi duduki kursi gubernur Maluku, bisa melihat hal ini, karena, Murad seorang Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) jadi, saat kata yang dikeluarin maka langsung dilaksanakan.

“Saya sangat yakin, Gubernur Maluku yang baru ini, pasti akan melihat hal-hal ini. Karena orang abri, jadi ngomongnya singkat padat dan jelas, itu langsung laksanakan,”harapnya.

Reporter : IAN M

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Program Tuntas Memcapai Target Di SMP Negeri 6 Ambon Resmi Di Jalankan

AMBON,N25NEWS.COM – Berbagai program yang telah dirancangkan oleh kepala sekolah beserta dewan Guru SMP Negeri …