Plt AsistenI Setda Maluku Hendry Far-Far

Far-Far,Permasalahan Pertanahan Di Maluku Cenderung Menimbulkan Konflik Kepentingan

AMBON,N25NEWS.COM-Permasalahan pertanahan dalam masyarakat sering dan cenderung terjadi dimana hal tersebut telah menimbulkan konflik kepentingan yang berkepanjangan,baik antara masyarakat,dengan swasta,maupun masyarakat dengan pemerintah begitupun sebaliknya.

Hal tersebut disampaikan Plt AsistenI Setda Maluku Hendry Far-Far,saat mewakili Gubernur Maluku pada Acara Pembukaan Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Provinsi Maluku Tahunj 2019,yang berlangsung di Hotel Swissbell Ambon,kamis (1/8/2019).

Jelasnya,untuk mencermati hal tersbut maka pemerintah memiliki kewajiban untuk meyelesaikan berbagai permasalahan yang timbul dalam masyarakat terkait dengan pengelolaan pertanahan dalam rangka memberikan kepastian hukum terhadap sebuah objek pertanahan yang ada.

Dalam masa pemerintahan Presiden Jokowi-JK salah satu prioritas nasional yang terkandung dalam Nawacita adalah reforma agrarian yang sesuai dengan amanat RPJMN 2014-2019 dan juga sejalan dengan amanat konstitusi UUD 1945 dalam pasal 33.

Baca juga :   Lohy : Ingat Ijazah Bukan Jaminan Dapat Kerja

Sehingga reforma agrarian yang merupakan upaya penataan kembali penguasaan,pemilikan penggunaan dan pemanfaatan sumber daya agraria dalam rangka mewujudkan kepastian hukum,serta keadilan dan kemakmuran masyarakat.

“Kita semua tentu menyadari bahwa banyak tantangan dan nkendala yang dihadapi dilapangan terkait dengan penataan reforma agraria.Oleh sebab itu, komitmen dan kerjasama lintas pemangku kepentingan perlu terus diperkuat dan ditingkatkan agar target reforma agrarian dapat tercapai di Provinsi Maluku,”kata Far-Far.

Dengan demikian saya harapkan rapat koordinasi gugus tugas reforma agrarian ini sebagai implementasi kelembagaan pelaksanaan reforma agraria ini dapat berjalan dengan baik serta menghasilkan pokok-pokok pikiran konstruktif yang dapat dijadikan acuan dalam penyusunan kebijakan reforma agraria di Maluku,”tandas Far-Far yang juga Karo Hukum Provinsi Maluku ini.

Redaksi         : Aris Wuarbanaran

Editor           : Redaksi

Check Also

Maluku Dapat Bantuan Kapal Feri 1500 GT

AMBON,- Provinsi Maluku memperoleh bantuan dari Pemerintah Pusat berupa satu unit kapal ferry berukuran besar …

×

N25NEWS.com