Home / Kab. MTB / Fatlolon : Masyarakat MTB Harus Pintar Dalam Memilih Obat dan Makanan Yang Akan di Komsumsi
Penyerahan cendra mata dari disampaikan Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB) Petrus Fatlolon kepada Kepala BPOM Ambon Dra.Harini, Apt

Fatlolon : Masyarakat MTB Harus Pintar Dalam Memilih Obat dan Makanan Yang Akan di Komsumsi

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Kehadiran Balai Pengawasan Obat dan Makanan (Balai POM) di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) akan sangat membantu Pemerintah Daerah dalam pengawasan obat dan makanan yang beredar di masayarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB) Petrus Fatlolon pada acara persmian Kantor Balai Pengwasan Obat dan Makanan (BPOM) Cabang Saumlaki,Saumlaki jumat (14/9/2018)

Lebih lanjut Fatlolon mengatakan,”tentu saja semua masyarakat di Kabupaten MTB dari ujung Molo Maru sampai ujung Selaru,merasakan manfaat yang sangat besar dan harus diedukasi, untuk menjadi konsumen yang pintar dalam memilih obat maupun makanan,mengetahui kandungan bahan yang akan dikonsumsi,”kata Fatlolon.

Masyarkat harus paham dan teliti dalam melihat tanggal kadalwarsa, kondisi kemasan agar terhindar dari akibat ditimbulkan dari kesalahan mengkomsumsi obat dan makanan.Mengapa demikian karena di Kabupaten MTB termasuk daerah yang terbuka untuk akses masuknya obat-obat yang tidak berizin,makanan,kosmetik dan lainya yang kemudian dijual bebas di tengah-tengah masyarakat.

“Kepulauan Tanimar dengan kondisi geografis yang begitu terbuka bebas maka yang sering kali terjadi makanna maupun obat yang bersedar di desa tidak terkontrol dengan baik terutama dari akses kualitasnya.hal ini harus mendapat perhatian dan pengawasan yang serius dari kita semua,”ungkap Fatlolon.

Badan POM beserta Pemerintah Daerah harus memberikan pengertian  yang serius kepada seluruh masyarakat MTB untuk dapat mengkomsumsi bahan makanan yang berkualitas dan tidak kadarwarsa. Pemda pada kesempatan ini menghibakan lahan seluas 5000 m persegi kepada Balai POM untuk kebutuhan pembangunan Kantor permanen di Kabuopaten MTB diharapkan untuk wkatu yang tidak terlalu lama kantor bdan POM ini akan segerah dibangun guna mendukung kinerja Balai POM.

“Saya pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi terhadap badan POM yang baru saja beropersai beberapa hari kemarin dan hari ini baru saja hendak diresmikan kantornya tetapi sudah melakukan beberapa aksi-aksi nyata dalam rangka memastikan pengunaan kosmetik dan obat-obatan serta makanan suapaya benar memenuhi standar,”jelas Fatlolon.

Seperti kosmetik yang kita lihat  saat ini ada yang tanpa berizin dan kadalwarsa,Pemda mendukung sepenuhnya seluruh tugas-tugas pengawasan sebab disadari betul hubungan langsung dengan masyarakat,dan juga para pimpinan SKPD terkait untuk juga memberikan support tanpa pamri bagi Balai POM ini.

“Jumlah pegawai Balai POM yang hanya 6 orang,tidak usah kuatir sebab Pemda MTB miliki 5000 tenaga yang terdiri dari PNS dan Pegawai Kontrak Daerah yang kapan saja bila dibutuhkan 5000 tenaga ini bisa dikerakkan untuk membantu Badan POM,”tandas Fatlolon.

Oleh : Jems Masela/Aris Wuarbanaran

 

About admin

Check Also

23 Persen Warga Miskin Di Maluku Belum Terkafer BPJS Kesehatan

AMBON,N25NEWS.COM-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ambon yang mana telah mengcover seluruh masyarakat Maluku …